Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo: Pendidikan Islam Terbaik untuk Masa Depan Anak Bangsa

Pak Budi

Sejarah


Sejarah Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo

Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo didirikan pada tahun 1988 oleh Kyai H. A. Syafi’i Subhi, seorang ulama terkemuka di Situbondo. Pendirian pondok pesantren tersebut didasarkan atas keprihatinan terhadap kurangnya lembaga pendidikan Islam yang ada di Situbondo pada waktu itu.

Kyai H. A. Syafi’i Subhi kemudian mengumpulkan sekelompok santri untuk memulai proses pendirian pondok pesantren. Pada awalnya, kegiatan belajar mengajar hanya dilakukan di rumah milik Kyai H. A. Syafi’i Subhi di desa Karanggandu, Kecamatan Banyuglugur, Situbondo.

1.1 Perkembangan

Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo terus mengalami perkembangan pesat seiring berjalannya waktu. Saat ini, pondok pesantren tersebut telah memiliki banyak fasilitas pendukung seperti asrama santri, masjid, ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dan lapangan olahraga.

Selain itu, pondok pesantren ini juga telah menghasilkan banyak alumni yang berkarir di berbagai bidang, seperti akademisi, ulama, pejabat pemerintah, pengusaha, dan lain-lain. Hal ini membuktikan bahwa Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo telah berhasil mencetak generasi yang berakhlak mulia dan siap berkontribusi untuk masyarakat.

Visi dan Misi


pondok pesantren al hikmah situbondo

Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo memiliki visi menjadi lembaga pendidikan yang mampu mencetak generasi muslim yang berkualitas dan berakhlaqul karimah. Visi ini tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga pada keberhasilan peserta didik dalam menjalankan ajaran agama Islam yang diajarkan di pondok pesantren tersebut.

Sementara itu, misi Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo adalah membina peserta didik agar mampu menjadi muslim sejati, cerdas, mandiri, dan berbudi pekerti luhur. Hal ini dilakukan melalui penerapan kurikulum yang mengintegrasikan pendidikan agama dengan ilmu pengetahuan umum.

2.1 Program Pendidikan

Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo menawarkan beberapa program pendidikan yang dapat diikuti oleh masyarakat, mulai dari pondok pesantren hingga perguruan tinggi. Adapun program pendidikan yang disediakan adalah sebagai berikut:

1. Pondok Pesantren

Program pendidikan pondok pesantren memiliki durasi waktu yang bervariasi, mulai dari satu hingga tiga tahun. Peserta didik diajarkan untuk menghafal Al-Quran dan memahami tafsir serta hadist. Selain itu, peserta didik juga dilatih untuk disiplin, mandiri, dan bertanggung jawab.

2. Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah

Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo juga menyediakan program madrasah tsanawiyah dan aliyah untuk jenjang pendidikan menengah. Program ini mengutamakan pengembangan akademik diiringi dengan pembiasaan dalam beribadah. Kurikulum yang diterapkan di sini mencakup mata pelajaran agama, umum, serta bahasa Arab.

3. Perguruan Tinggi

Program pendidikan perguruan tinggi di Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo terbagi menjadi dua jenis, yaitu program sarjana dan pascasarjana. Fokus utama dari program sarjana adalah menghasilkan lulusan yang memahami agama dan memiliki daya saing di dunia kerja. Sedangkan program pascasarjana bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM yang memahami ajaran agama secara mendalam.

Dengan adanya program pendidikan yang lengkap dan terintegrasi, diharapkan Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mencetak generasi muslim yang berkualitas dan berakhlaqul karimah.

3. Fasilitas


Fasilitas Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo

Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo memiliki fasilitas lengkap untuk memfasilitasi siswa dalam proses belajar-mengajar dan aktivitas lainnya. Fasilitas yang disediakan antara lain asrama, ruang belajar, ruang makan, perpustakaan, lapangan olahraga, dan tempat parkir untuk kendaraan siswa dan pengunjung.

Asrama yang tersedia di Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo terdiri dari beberapa bangunan, baik untuk putra maupun putri, dan mampu menampung hingga ratusan siswa. Di asrama, siswa disediakan kamar beserta fasilitas yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti kasur, lemari, meja, dan kursi belajar. Selain itu, kamar mandi dan toilet juga tersedia di dalam asrama.

Ruang belajar di Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti kursi dan meja belajar yang nyaman, papan tulis, alat audio visual, dan perlengkapan pendukung pembelajaran lainnya. Hal ini semakin memudahkan proses belajar-mengajar di Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo.

Dalam hal pangan dan gizi, Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo memiliki dapur dan ruang makan yang cukup besar. Menu makanan yang disediakan setiap harinya pun berusaha disesuaikan dengan kebutuhan gizi siswa agar dapat mendukung kesehatan dan kesegaran para siswa selama proses belajar-mengajar.

Selain itu, Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo menyediakan perpustakaan bagi siswa yang ingin membaca buku atau menambah referensi untuk berbagai mata pelajaran. Koleksi buku yang ada di perpustakaan cukup lengkap dan terus diupdate agar sesuai dengan kebutuhan siswa dan tuntutan zaman.

Untuk aktivitas olahraga, Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo memiliki lapangan olahraga yang lengkap. Lapangan olahraga yang tersedia dapat digunakan untuk berbagai macam olahraga, seperti sepak bola, bola voli, basket, dan masih banyak lagi. Hal ini dapat memfasilitasi siswa untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran fisik.

Terakhir, Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo juga menyediakan tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan siswa dan pengunjung yang datang ke Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo. Hal ini memudahkan siswa dan pengunjung yang membawa kendaraan untuk parkir dengan aman dan tertib.

3.1 Kegiatan Ekstrakurikuler

Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo tidak hanya mengedepankan pendidikan formal, namun juga turut serta dalam menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia antara lain seni tari, kesenian, dan olahraga. Siswa dapat memilih kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat masing-masing, sehingga proses belajar bukan hanya dilakukan di kelas tetapi juga di luar kelas dengan berbagai cara yang lebih menyenangkan dan menarik.

4. Prestasi


Prestasi di Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo

Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo memiliki banyak prestasi di bidang pendidikan, agama, dan olahraga.

4.1 Prestasi di Bidang Pendidikan

Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo telah meraih prestasi di bidang pendidikan dengan meraih akreditasi A dan mendapatkan penghargaan dari pemerintah.

Akreditasi A merupakan tingkatan tertinggi yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) untuk lembaga pendidikan. Hal ini menunjukkan kualitas pendidikan yang diberikan oleh Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo telah diakui secara nasional.

Selain itu, Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo juga telah mendapatkan penghargaan dari pemerintah, yakni Adiwiyata Mandiri pada tahun 2020. Penghargaan ini diberikan untuk lembaga pendidikan yang menerapkan budaya hidup bersih dan sehat serta peduli lingkungan.

Dengan meraih prestasi di bidang pendidikan, Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo terus berupaya untuk memberikan pendidikan berkualitas yang sejalan dengan tuntutan zaman. Hal ini sejalan dengan visi Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo, yakni “Menjadi Pondok Pesantren unggulan yang menghasilkan kader bangsa yang berkualitas, bertakwa, dan berakhlak mulia.”

5. Masyarakat dan Lingkungan Sekitar


Masyarakat dan Lingkungan Sekitar

Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo merupakan institusi pendidikan yang tidak terlepas dari hubungan dengan masyarakat sekitar. Untuk itu, pondok pesantren ini menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat dan lingkungan sekitar.

5.1 Kegiatan Sosial

Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo sering mengadakan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat kurang mampu. Seperti pada 2019, ketika mereka melakukan aksi sosial pengumpulan dana untuk korban bencana alam yang terjadi di wilayah Banten dan Lampung.

Selain itu, mereka juga memberikan bantuan kepada warga di sekitar pondok pesantren yang membutuhkan. Bantuan berupa sembako, pakaian layak pakai, dan perlengkapan sekolah bagi anak-anak yang tidak mampu.

Di samping kegiatan sosial yang diadakan oleh pondok pesantren, ada sejumlah pesantren di sekitar yang juga menjalin kerja sama dengan Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo. Contohnya, beberapa kali pondok pesantren ini mengisi ceramah keagamaan di pesantren-pesantren sekitar.

Selain dari kerja sama dengan pesantren, pondok pesantren ini juga menjalin hubungan baik dengan masyarakat di sekitar. Hal itu bisa dilihat dari hubungan yang hangat antara pengurus pondok pesantren dan warga sekitar.

Dalam kegiatan pembangunan atau renovasi gedung, pondok pesantren ini juga melibatkan warga sekitar untuk membantu. Selain itu, mereka juga membeli kebutuhan sehari-hari dari toko-toko di sekitar pondok pesantren.

Dalam hal lingkungan, pondok pesantren ini juga aktif dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar. Mereka sering melaksanakan kegiatan penghijauan, membersihkan sampah di sekitar pondok pesantren, dan juga menjaga kebersihan drainase di sekitar lingkungan.

Dalam menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar, Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo mempunyai aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh santri-santrinya. Di antaranya, larangan untuk merokok dan berjudi. Hal ini juga sebagai bentuk menjaga hubungan baik dengan warga sekitar dan juga menjaga akhlak para santri.

Kesimpulan

Hubungan yang baik dengan masyarakat dan lingkungan sekitar penting untuk dipertahankan oleh Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo. Dalam menjalankan kegiatan sosialnya, pondok pesantren ini tidak hanya membantu masyarakat di sekitarnya, tetapi juga menjalin kerja sama dengan pesantren dan toko-toko di sekitarnya.

6. Alumni

Alumni

Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo memiliki banyak alumni yang berhasil dalam berbagai bidang.

6.1 Contoh Alumni Sukses

Beberapa contoh alumni Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo yang telah sukses adalah mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, mantan Pimpinan MPR Anwar Sholahuddin, dan beberapa pengusaha sukses.

Lukman Hakim Saifuddin merupakan lulusan Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo pada 1989. Setelah menyelesaikan pendidikan di Pondok Pesantren tersebut, ia melanjutkan studinya di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Setelah lulus dari universitas tersebut, Lukman kemudian menjadi pengajar di Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo selama dua tahun. Karier politiknya dimulai saat ia terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada tahun 2010. Kemudian, pada tahun 2014, ia diangkat oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Agama dan menjabat hingga 2019.

Anwar Sholahuddin juga merupakan lulusan Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo. Ia kemudian melanjutkan studinya di Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya. Karier politiknya dimulai pada tahun 1997 saat ia terpilih sebagai Anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Anwar kemudian menjabat sebagai Pimpinan MPR selama periode 2014-2019.

Selain itu, sejumlah pengusaha sukses juga berasal dari Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo. Salah satunya adalah Dr. H. Mahmud Hanafi, pengusaha karet yang memimpin PT. Bakrie Sumatra Plantations. Ia juga tercatat sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo.

Keberhasilan alumni Pondok Pesantren Al Hikmah Situbondo menunjukkan bahwa pendidikan di pondok pesantren dapat memberikan kesempatan yang sama untuk mencapai kesuksesan dalam berbagai bidang.

Also Read

Tags