UPTD Terminal Situbondo: Sarana Transportasi Andalan Masyarakat Situbondo

Pak Budi

uptd terminal situbondo
uptd terminal situbondo

UPTD Terminal Situbondo: Sarana Transportasi Andalan Masyarakat Situbondo

UPTD Terminal Situbondo merupakan salah satu infrastruktur penting dalam bidang transportasi di Kabupaten Situbondo. Terminal ini menjadi tempat pemberhentian dan keberangkatan bus, angkutan pedesaan, dan travel yang melayani berbagai rute dalam dan luar kota.

UPTD Terminal Situbondo terletak di pusat kota, sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat. Terminal ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti ruang tunggu yang nyaman, mushola, toilet, dan tempat parkir yang luas. Selain itu, di sekitar terminal juga terdapat berbagai pusat perbelanjaan, sehingga penumpang dapat memanfaatkan waktu tunggu untuk berbelanja.

Dengan keberadaan UPTD Terminal Situbondo, masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai moda transportasi untuk bepergian ke berbagai daerah. Terminal ini juga menjadi pusat kegiatan ekonomi, karena banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di sekitar terminal.

UPTD Terminal Situbondo

Pusat transportasi penting di Situbondo.

  • Lokasi strategis di pusat kota.
  • Dilengkapi fasilitas pendukung.
  • Melayani berbagai rute dalam dan luar kota.
  • Menjadi pusat kegiatan ekonomi.
  • Mudah diakses oleh masyarakat.
  • Ruang tunggu yang nyaman.
  • Tempat parkir yang luas.
  • Mushola dan toilet tersedia.
  • Pusat perbelanjaan di sekitar terminal.

UPTD Terminal Situbondo menjadi pilihan utama masyarakat untuk bepergian ke berbagai daerah.

Lokasi strategis di pusat kota.

Salah satu keunggulan UPTD Terminal Situbondo adalah lokasinya yang strategis di pusat kota.

  • Dekat dengan berbagai fasilitas publik.

    Terminal ini berada di dekat dengan berbagai fasilitas publik, seperti kantor pemerintahan, pusat perbelanjaan, dan sekolah. Hal ini memudahkan masyarakat untuk mengakses terminal dari berbagai penjuru kota.

  • Akses transportasi yang mudah.

    Lokasi terminal yang strategis juga membuat akses transportasi menjadi mudah. Terminal ini dapat dijangkau oleh berbagai moda transportasi, seperti bus kota, angkot, dan becak.

  • Pusat kegiatan ekonomi.

    Terminal Situbondo juga menjadi pusat kegiatan ekonomi. Di sekitar terminal terdapat banyak pedagang yang menjajakan dagangannya, seperti makanan, minuman, dan oleh-oleh khas Situbondo.

  • Mudah ditemukan.

    Karena lokasinya yang strategis, Terminal Situbondo mudah ditemukan oleh masyarakat. Terminal ini berada di jalur utama yang menghubungkan berbagai daerah di Situbondo.

Lokasi yang strategis menjadikan UPTD Terminal Situbondo sebagai pilihan utama masyarakat untuk bepergian ke berbagai daerah.

Dilengkapi fasilitas pendukung.

UPTD Terminal Situbondo dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang membuat penumpang merasa nyaman dan aman selama berada di terminal. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain:

Ruang tunggu yang nyaman. Ruang tunggu di Terminal Situbondo cukup luas dan dilengkapi dengan tempat duduk yang nyaman. Penumpang dapat menunggu keberangkatan bus atau travel dengan santai sambil membaca buku atau bermain ponsel.

Mushola dan toilet. Terminal Situbondo juga dilengkapi dengan mushola dan toilet yang bersih dan terawat. Fasilitas ini sangat penting bagi penumpang yang ingin beribadah atau menggunakan toilet sebelum melanjutkan perjalanan.

Tempat parkir yang luas. Terminal Situbondo memiliki tempat parkir yang luas, sehingga penumpang tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir. Tempat parkir ini juga dilengkapi dengan petugas parkir yang akan membantu mengatur kendaraan penumpang.

Pusat perbelanjaan dan ATM. Di sekitar Terminal Situbondo terdapat beberapa pusat perbelanjaan dan ATM. Penumpang dapat memanfaatkan waktu tunggu untuk berbelanja atau mengambil uang tunai.

Dengan berbagai fasilitas pendukung yang lengkap, UPTD Terminal Situbondo menjadi pilihan utama masyarakat untuk bepergian ke berbagai daerah.

Melayani berbagai rute dalam dan luar kota.

Salah satu kelebihan UPTD Terminal Situbondo adalah melayani berbagai rute dalam dan luar kota.

  • Rute dalam kota.

    Terminal Situbondo melayani berbagai rute dalam kota Situbondo. Bus kota yang berangkat dari terminal ini menjangkau berbagai daerah di Situbondo, seperti alun-alun, pasar, dan sekolah.

  • Rute luar kota.

    Selain melayani rute dalam kota, Terminal Situbondo juga melayani berbagai rute luar kota. Bus dan travel yang berangkat dari terminal ini melayani perjalanan ke berbagai kota di Jawa Timur, seperti Surabaya, Malang, Banyuwangi, dan Jember.

  • Rute antar provinsi.

    UPTD Terminal Situbondo juga melayani rute antar provinsi. Beberapa bus dan travel yang berangkat dari terminal ini melayani perjalanan ke kota-kota di luar Jawa Timur, seperti Jakarta, Bandung, dan Denpasar.

  • Rute pariwisata.

    Selain melayani rute regular, Terminal Situbondo juga melayani rute pariwisata. Beberapa bus dan travel yang berangkat dari terminal ini melayani perjalanan ke berbagai objek wisata di Situbondo dan sekitarnya, seperti Pantai Pasir Putih, Taman Nasional Baluran, dan Kawah Ijen.

Dengan berbagai rute yang tersedia, UPTD Terminal Situbondo menjadi pilihan utama masyarakat untuk bepergian ke berbagai daerah.

Menjadi pusat kegiatan ekonomi.

UPTD Terminal Situbondo tidak hanya berfungsi sebagai tempat pemberhentian dan keberangkatan bus, tetapi juga menjadi pusat kegiatan ekonomi.

  • Banyak pedagang yang berjualan di sekitar terminal.

    Di sekitar Terminal Situbondo terdapat banyak pedagang yang menjajakan dagangannya. Pedagang-pedagang ini menjual berbagai macam barang, mulai dari makanan dan minuman hingga pakaian dan aksesoris.

  • Adanya pusat perbelanjaan di sekitar terminal.

    Selain pedagang kaki lima, di sekitar Terminal Situbondo juga terdapat beberapa pusat perbelanjaan. Pusat perbelanjaan ini menjual berbagai macam barang, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga barang-barang elektronik.

  • Terminal Situbondo menjadi tempat transit bagi para pedagang.

    Terminal Situbondo juga menjadi tempat transit bagi para pedagang yang hendak bepergian ke luar kota. Para pedagang ini biasanya membeli barang dagangan mereka di Situbondo, kemudian menjualnya kembali di kota tujuan.

  • Terminal Situbondo menjadi tempat pertemuan bagi para pengusaha.

    Terminal Situbondo juga menjadi tempat pertemuan bagi para pengusaha. Para pengusaha ini biasanya bertemu di terminal untuk membahas bisnis atau mencari mitra usaha.

Dengan berbagai kegiatan ekonomi yang berlangsung di sekitarnya, UPTD Terminal Situbondo menjadi salah satu pusat ekonomi di Kabupaten Situbondo.

Mudah diakses oleh masyarakat.

Salah satu keunggulan UPTD Terminal Situbondo adalah mudah diakses oleh masyarakat.

  • Lokasi yang strategis.

    Terminal Situbondo terletak di pusat kota, sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat dari berbagai penjuru kota. Terminal ini juga berada di jalur utama yang menghubungkan berbagai daerah di Situbondo.

  • Akses transportasi yang mudah.

    Terminal Situbondo dapat diakses oleh berbagai moda transportasi. Bus kota, angkot, dan becak dapat dengan mudah ditemukan di sekitar terminal. Masyarakat juga dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke terminal.

  • Adanya halte bus dan angkot.

    Di sekitar Terminal Situbondo terdapat halte bus dan angkot. Hal ini memudahkan masyarakat untuk melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai daerah di Situbondo setelah turun dari bus atau travel.

  • Terminal Situbondo buka 24 jam.

    UPTD Terminal Situbondo buka selama 24 jam. Hal ini memudahkan masyarakat untuk bepergian ke berbagai daerah kapan saja mereka membutuhkan.

Dengan berbagai kemudahan akses yang tersedia, UPTD Terminal Situbondo menjadi pilihan utama masyarakat untuk bepergian ke berbagai daerah.

Ruang tunggu yang nyaman.

Salah satu fasilitas pendukung yang penting di UPTD Terminal Situbondo adalah ruang tunggu yang nyaman.

  • Ruang tunggu yang luas.

    Ruang tunggu di Terminal Situbondo cukup luas, sehingga penumpang dapat menunggu keberangkatan bus atau travel dengan nyaman. Ruang tunggu ini juga dilengkapi dengan tempat duduk yang empuk dan bersih.

  • Suasana yang sejuk.

    Ruang tunggu di Terminal Situbondo dilengkapi dengan AC, sehingga suasananya sejuk dan nyaman. Hal ini membuat penumpang merasa betah dan tidak gerah saat menunggu keberangkatan.

  • Fasilitas hiburan.

    Di ruang tunggu Terminal Situbondo juga tersedia beberapa fasilitas hiburan, seperti televisi dan WiFi gratis. Fasilitas-fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh penumpang untuk menghilangkan rasa bosan selama menunggu keberangkatan.

  • Ruang tunggu khusus untuk penumpang disabilitas.

    UPTD Terminal Situbondo juga menyediakan ruang tunggu khusus untuk penumpang disabilitas. Ruang tunggu ini dilengkapi dengan fasilitas yang ramah disabilitas, seperti kursi roda dan jalur khusus.

Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, ruang tunggu di UPTD Terminal Situbondo menjadi tempat yang nyaman bagi penumpang untuk menunggu keberangkatan bus atau travel.

Tempat parkir yang luas.

UPTD Terminal Situbondo memiliki tempat parkir yang luas, sehingga penumpang tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir. Tempat parkir ini dapat menampung berbagai jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor hingga bus pariwisata.

Tempat parkir di Terminal Situbondo juga dikelola dengan baik. Petugas parkir akan membantu penumpang untuk mendapatkan tempat parkir yang aman dan nyaman. Selain itu, tempat parkir ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik, sehingga kendaraan penumpang aman dari tindak kejahatan.

Adanya tempat parkir yang luas dan dikelola dengan baik menjadi salah satu faktor yang membuat UPTD Terminal Situbondo menjadi pilihan utama masyarakat untuk bepergian ke berbagai daerah. Penumpang tidak perlu khawatir tentang keamanan kendaraan mereka saat berada di terminal.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan memiliki tempat parkir yang luas di UPTD Terminal Situbondo:

  • Penumpang tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir.
  • Tempat parkir dapat menampung berbagai jenis kendaraan.
  • Tempat parkir dikelola dengan baik oleh petugas parkir.
  • Tempat parkir dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik.
  • Penumpang merasa aman dan nyaman saat meninggalkan kendaraan mereka di tempat parkir.

Mushola dan toilet tersedia.

UPTD Terminal Situbondo juga dilengkapi dengan fasilitas mushola dan toilet yang bersih dan terawat.

  • Mushola yang nyaman.

    Mushola di Terminal Situbondo cukup luas dan nyaman. Mushola ini dilengkapi dengan tempat wudu yang bersih dan peralatan sholat yang lengkap. Penumpang dapat menggunakan mushola ini untuk melaksanakan ibadah sholat dengan tenang.

  • Toilet yang bersih dan terawat.

    Toilet di Terminal Situbondo juga bersih dan terawat. Toilet ini dilengkapi dengan wastafel dan sabun cuci tangan. Penumpang dapat menggunakan toilet ini untuk membersihkan diri sebelum atau setelah perjalanan.

  • Toilet khusus untuk disabilitas.

    UPTD Terminal Situbondo juga menyediakan toilet khusus untuk disabilitas. Toilet ini dilengkapi dengan fasilitas yang ramah disabilitas, seperti pegangan tangan dan jalur khusus.

  • Petugas kebersihan yang sigap.

    Di area mushola dan toilet Terminal Situbondo terdapat petugas kebersihan yang sigap. Petugas kebersihan ini akan memastikan bahwa mushola dan toilet tetap bersih dan nyaman digunakan oleh penumpang.

Dengan adanya fasilitas mushola dan toilet yang bersih dan terawat, penumpang merasa nyaman dan tenang selama berada di UPTD Terminal Situbondo.

Pusat perbelanjaan di sekitar terminal.

Di sekitar UPTD Terminal Situbondo terdapat beberapa pusat perbelanjaan. Pusat perbelanjaan ini menjual berbagai macam barang, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga barang-barang elektronik. Penumpang dapat memanfaatkan waktu tunggu untuk berbelanja atau sekadar jalan-jalan di pusat perbelanjaan.

Berikut ini adalah beberapa pusat perbelanjaan yang terletak di sekitar Terminal Situbondo:

  • Pasar Situbondo.

    Pasar Situbondo merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Situbondo. Pasar ini menjual berbagai macam barang, mulai dari kebutuhan pokok hingga pakaian dan aksesoris. Pasar Situbondo buka setiap hari, mulai pukul 06.00 hingga 18.00.

  • Ramayana Department Store.

    Ramayana Department Store merupakan pusat perbelanjaan modern yang menjual berbagai macam barang, mulai dari pakaian hingga peralatan rumah tangga. Ramayana Department Store buka setiap hari, mulai pukul 10.00 hingga 22.00.

  • Transmart Carrefour.

    Transmart Carrefour merupakan pusat perbelanjaan modern yang menjual berbagai macam barang, mulai dari kebutuhan pokok hingga barang-barang elektronik. Transmart Carrefour buka setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 22.00.

  • Hypermart.

    Hypermart merupakan pusat perbelanjaan modern yang menjual berbagai macam barang, mulai dari kebutuhan pokok hingga barang-barang elektronik. Hypermart buka setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 22.00.

Dengan adanya pusat perbelanjaan di sekitar terminal, penumpang dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan mereka selama berada di Terminal Situbondo.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang UPTD Terminal Situbondo.

Question 1: Di mana lokasi UPTD Terminal Situbondo?
Answer 1: UPTD Terminal Situbondo terletak di Jalan Raya Situbondo, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo.

Question 2: Apa saja fasilitas yang tersedia di UPTD Terminal Situbondo?
Answer 2: Fasilitas yang tersedia di UPTD Terminal Situbondo antara lain ruang tunggu yang nyaman, mushola, toilet, tempat parkir yang luas, pusat perbelanjaan, dan ATM.

Question 3: Apa saja rute bus yang tersedia di UPTD Terminal Situbondo?
Answer 3: UPTD Terminal Situbondo melayani berbagai rute bus, antara lain rute dalam kota, rute luar kota, rute antar provinsi, dan rute pariwisata.

Question 4: Berapa biaya parkir di UPTD Terminal Situbondo?
Answer 4: Biaya parkir di UPTD Terminal Situbondo untuk sepeda motor adalah Rp2.000,00 dan untuk mobil adalah Rp5.000,00.

Question 5: Apakah UPTD Terminal Situbondo buka 24 jam?
Answer 5: Ya, UPTD Terminal Situbondo buka 24 jam.

Question 6: Apakah ada pusat perbelanjaan di sekitar UPTD Terminal Situbondo?
Answer 6: Ya, di sekitar UPTD Terminal Situbondo terdapat beberapa pusat perbelanjaan, seperti Pasar Situbondo, Ramayana Department Store, Transmart Carrefour, dan Hypermart.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang UPTD Terminal Situbondo. Semoga informasi ini bermanfaat.

Jika Anda berencana untuk bepergian ke Situbondo, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat bepergian ke Situbondo:

1. Pesan tiket bus atau travel jauh-jauh hari.
Jika Anda bepergian ke Situbondo pada musim liburan atau hari libur nasional, sebaiknya pesan tiket bus atau travel jauh-jauh hari. Hal ini untuk menghindari kehabisan tiket.

2. Datang ke terminal lebih awal.
Sebaiknya datang ke terminal lebih awal sebelum jadwal keberangkatan bus atau travel. Hal ini untuk menghindari keterlambatan dan agar Anda memiliki cukup waktu untuk check-in dan pemeriksaan barang bawaan.

3. Bawa barang bawaan secukupnya.
Jangan membawa barang bawaan yang terlalu banyak agar tidak merepotkan Anda selama perjalanan. Pastikan juga barang bawaan Anda tidak melebihi batas berat yang ditentukan oleh perusahaan bus atau travel.

4. Bawalah makanan dan minuman secukupnya.
Meskipun di terminal tersedia warung makan, sebaiknya Anda membawa makanan dan minuman secukupnya untuk bekal selama perjalanan. Hal ini untuk menghemat pengeluaran dan menghindari kelaparan selama perjalanan.

Demikian beberapa tips yang dapat membantu Anda saat bepergian ke Situbondo. Semoga tips ini bermanfaat.

UPTD Terminal Situbondo merupakan pilihan utama masyarakat untuk bepergian ke berbagai daerah. Terminal ini menawarkan berbagai fasilitas dan layanan yang lengkap, serta memiliki lokasi yang strategis. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat bepergian dengan nyaman dan aman melalui UPTD Terminal Situbondo.

Conclusion

UPTD Terminal Situbondo merupakan salah satu infrastruktur penting dalam bidang transportasi di Kabupaten Situbondo. Terminal ini menjadi tempat pemberhentian dan keberangkatan bus, angkutan pedesaan, dan travel yang melayani berbagai rute dalam dan luar kota.

UPTD Terminal Situbondo memiliki berbagai fasilitas dan layanan yang lengkap, antara lain ruang tunggu yang nyaman, mushola, toilet, tempat parkir yang luas, pusat perbelanjaan, dan ATM. Terminal ini juga memiliki lokasi yang strategis, sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, UPTD Terminal Situbondo menjadi pilihan utama masyarakat untuk bepergian ke berbagai daerah. Terminal ini juga menjadi pusat kegiatan ekonomi, karena banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di sekitar terminal.

Demikian informasi tentang UPTD Terminal Situbondo. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk bepergian ke Situbondo. Selamat bepergian!


Images References :

Also Read