Liburan Seru ke Bali dari Situbondo: Tips, Rute, dan Destinasi Terbaik

Pak Budi

Perjalanan dari Situbondo ke Bali


Perjalanan dari Situbondo ke Bali

Memiliki keindahan alam yang luar biasa membuat Bali menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi banyak orang. Ada berbagai moda transportasi yang bisa kamu pilih jika ingin berkunjung ke pulau dewata tersebut, termasuk dari Situbondo. Simak rute perjalanan dari Situbondo ke Bali di bawah ini.

Rute perjalanan

Jalur perjalanan dari Situbondo ke Bali dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi, shuttle bus dan kendaraan umum seperti bus antar jemput, travel, atau taksi.

Jika kamu memilih menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengambil jalur Pantura menuju arah barat. Kemudian, ambillah jalan Tol Stakring dan lanjutkan perjalanan hingga keluar di pintu tol Denpasar. Setelah keluar tol, ikuti jalan raya By Pass Ngurah Rai dan arahkan kendaraanmu ke arah Kuta. Kamu bisa juga melewati jalur Bali Selatan melalui Banyuwangi-Gilimanuk. Namun, pastikan kendaraanmu dalam kondisi baik, karena perjalanan melalui jalur ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dan memakan waktu yang cukup lama.

Jika kamu ingin menggunakan kendaraan umum seperti shuttle bus atau bus antar jemput, kamu bisa mencari agen perjalanan yang menyediakan jasa ini. Ada banyak pilihan operator shuttle bus dari Situbondo ke Bali yang dapat kamu temukan di situs-situs online seperti Traveloka atau tiket.com. Harga untuk shuttle bus dari Situbondo ke Bali berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 250.000. Sedangkan, untuk bus antar jemput biasanya memiliki harga yang lebih murah dari shuttle bus, namun jadwal keberangkatannya lebih jarang dan waktu tempuhnya lebih lama.

Jika kamu ingin lebih fleksibel dalam perjalanan, kamu bisa mencari taksi yang bisa dijadikan sebagai alternatif petualanganmu. Namun, pastikan untuk mengecek harga yang tertera sebelum berangkat dan jangan malu untuk menawar harga jika dirasa terlalu mahal.

Moda Transportasi


Moda Transportasi

Situbondo, sebuah kabupaten di Jawa Timur, sering menjadi tempat transit bagi wisatawan yang hendak melakukan perjalanan ke Bali. Ada beberapa moda transportasi yang dapat digunakan untuk mencapai Pulau Dewata tersebut, seperti bus, kereta api, dan pesawat.

Bus

Untuk perjalanan menggunakan bus, terdapat beberapa pilihan dengan harga tiket yang berbeda-beda. Bus yang bisa dipilih antara lain seperti PO Santhi, Safari Dharma Raya, serta Efisiensi. Rute yang bisa ditempuh dari Situbondo ke Bali adalah Banyuwangi, dengan harga tiket berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 125.000 tergantung pilihan bus. Waktu tempuh yang dibutuhkan berkisar antara 7 hingga 9 jam tergantung kondisi jalan.

Kereta api

Bagi yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kereta api, terdapat dua stasiun yang dapat digunakan yaitu Stasiun Situbondo dan Stasiun Probolinggo. Dari Stasiun Situbondo, Anda bisa memilih kereta api Brantas atau Gajayana yang akan berhenti di Stasiun Probolinggo. Dari Probolinggo, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kereta api hingga ke Stasiun Banyuwangi dan dilanjutkan dengan menggunakan transportasi lain menuju Bali. Harga tiket kereta api dari Situbondo ke Probolinggo berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000 dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Pesawat

Bagi yang ingin melakukan perjalanan menggunakan pesawat, terdapat beberapa bandara yang bisa digunakan seperti Bandara Banyuwangi dan Bandara Blimbingsari. Maskapai yang melayani penerbangan dari Banyuwangi ke Bali adalah Garuda Indonesia dan Lion Air dengan harga tiket yang bervariasi tergantung dari waktu pemesanan serta waktu keberangkatan. Harga tiket pesawat dari Banyuwangi ke Bali bisa berkisar mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 700.000. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 30 hingga 45 menit.

Penginapan


Penginapan di Bali

Jika berencana mengunjungi Bali dari Situbondo, salah satu faktor penting yang harus dipersiapkan adalah tempat menginap. Berikut beberapa opsi penginapan yang dapat dipilih dalam perjalanan dari Situbondo ke Bali.

Hotel

Hotel sangat mudah ditemukan di Bali, baik di area pantai maupun di dalam kota. Hotel-hotel yang populer di Bali antara lain:

  • Grand Hyatt Bali
  • Four Seasons Resort Bali at Sayan
  • The Legian Bali
  • Pan Pacific Nirwana Bali Resort

Harga penginapan mulai dari Rp1 juta hingga Rp15 juta per malam, tergantung kelas hotel dan fasilitas yang disediakan. Melalui pemesanan online, seperti pada situs Traveloka atau Booking.com, dapat diperoleh diskon hingga 50%.

Villa

Bagi yang mencari penginapan dengan fasilitas mewah, villa menjadi pilihan yang tepat. Villa-villa di Bali yang menyediakan fasilitas mewah antara lain:

  • Samaya Villas Bali
  • W Retreat & Spa Bali – Seminyak
  • Kupu Kupu Barong Villas and Tree Spa by L’OCCITANE
  • Komaneka at Tanggayuda

Harga penginapan mulai dari Rp5 juta hingga Rp25 juta per malam, tergantung ukuran villa dan fasilitas yang disediakan. Villa-villa ini biasanya dilengkapi dengan kolam renang pribadi, akses ke pantai, dan pemandangan alam yang indah.

Dalam memilih penginapan untuk liburan di Bali, pastikan untuk memesan sejak jauh-jauh hari guna mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Selamat menikmati liburan indah di Bali!

Tempat Wisata


Tempat wisata di Bali

Bali dikenal sebagai destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Dari Situbondo, terdapat beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi dalam satu hari di Bali. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata populer di Bali yang dapat Anda kunjungi.

Pantai Kuta

Pantai Kuta

Pantai Kuta terkenal dengan keindahan pantainya yang memikat, terutama saat matahari terbenam. Pantai ini juga merupakan salah satu destinasi terpopuler di Bali. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berselancar, berjemur di tepi pantai, atau menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam. Selain itu, terdapat juga banyak pilihan restoran dan kafe di sekitar pantai untuk mengisi perut Anda.

Gunung Batur

Gunung Batur

Gunung Batur merupakan gunung berapi yang terletak di Kintamani, Bali. Gunung ini sudah lama tidak aktif sehingga aman untuk dijelajahi. Jalur pendakian gunung ini cukup terkenal dan biasanya memakan waktu sekitar 2-3 jam untuk mencapai puncaknya. Selain trekking, Anda dapat menikmati pemandangan yang indah dari puncak gunung dan juga mandi di air panas di kawah gunung.

Monkey Forest

Monkey Forest

Monkey Forest terletak di kawasan Ubud, Bali. Tempat ini mempertemukan pengunjung dengan kelompok monyet liar yang berjalan bebas di dalam hutan. Selain melihat kehidupan monyet, Anda juga dapat menikmati alam yang indah di sekitar hutan. Tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman.

Di samping ketiga tempat di atas, masih banyak tempat wisata lain di Bali seperti Taman Ayun, Tirta Empul, Tanah Lot, dan masih banyak lagi. Nikmati liburan Anda di Bali dan jangan lupa menjaga kebersihan dan keramahan selama berlibur.

Kuliner


makanan khas Bali

Perjalanan dari Situbondo ke Bali tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau, namun juga kelezatan kuliner khas Bali yang dapat dinikmati di sepanjang perjalanan tersebut. Berikut ulasan tentang dua makanan khas Bali yang tidak boleh dilewatkan saat melancong ke Pulau Dewata:

Bebek Bengil

Bebek Bengil atau yang dikenal juga sebagai Dirty Duck Diner merupakan restoran yang menyajikan hidangan bebek goreng khas Bali yang sangat terkenal di kalangan wisatawan. Berlokasi di Jalan Hanoman, Ubud, restoran ini menyajikan bebek goreng dengan kulit yang renyah dan daging yang empuk serta bumbu rempah yang khas membuat wisatawan tergoda untuk kembali mencicipi santapan ini.

Sate Lilit

Sate Lilit adalah sate khas Bali yang terbuat dari daging ikan cincang yang dicampur dengan rempah-rempah seperti serai, daun jeruk, kemiri, cabe merah, bawang putih dan merica yang dihaluskan. Bumbu ini kemudian dibalurkan pada tusuk sate dan dipanggang di atas bara api hingga matang. Sate Lilit biasanya disajikan dengan nasi putih, sambal matah, dan irisan timun serta tomat. Wisatawan bisa mencicipi Sate Lilit di beberapa tempat seperti Warung Made, Warung Eny dan Warung Sate Plecing Arjuna.

Nasi Campur Bali

Nasi Campur Bali adalah makanan khas Bali yang terdiri dari berbagai macam lauk seperti sate lilit, lawar, bebek goreng, ayam betutu, dan ikan laut. Nasi Campur Bali biasanya disajikan dengan sambal matah, irisan timun serta tomat. Makanan khas ini bisa ditemukan di berbagai rumah makan di Bali, tetapi salah satu tempat yang paling populer adalah Warung Nasi Bali Men Weti di Sanur.

Jaje Bali

Jaje Bali adalah kue tradisional khas Bali yang terbuat dari bahan-bahan seperti ketan, kelapa, dan gula merah. Ada berbagai macam jenis Jaje Bali, seperti onde-onde, klepon, dan bubur injin. Jaje Bali bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional atau di beberapa toko kue di Bali. Salah satu tempat yang populer untuk mencicipi Jaje Bali adalah Pasar Sukowati di Denpasar.

Babi Guling

Babi Guling adalah hidangan olahan babi khas Bali yang sangat terkenal. Babi Guling biasanya disajikan dengan nasi putih, sayur kangkung, serta sambal matah. Warung Babi Guling Ibu Oka di Ubud menjadi salah satu tempat yang paling terkenal untuk mencicipi hidangan ini.

Transportasi di Bali


Transportasi di Bali

Jika Anda ingin menjelajahi Bali dengan bebas, ada beberapa moda transportasi yang dapat Anda pilih. Berikut ini panduan singkat tentang transportasi di Bali.

Sewa Motor

Salah satu opsi yang populer di Bali adalah menyewa motor. Anda dapat menemukan tempat rental motor di kota-kota besar, seperti Denpasar, Kuta, dan Ubud. Harga sewa per hari berkisar antara Rp50.000 – Rp80.000, tergantung pada tipe motor dan durasi sewa. Namun, pastikan untuk memiliki SIM internasional dan memahami aturan berkendara di Bali sebelum memulai perjalanan Anda.

Sebagai tips aman berkendara di Bali, pastikan Anda menggunakan helm yang sesuai dan tidak melampaui batas kecepatan yang disarankan. Jangan juga mengendarai motor di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan terlarang.

Ojek Online

Layanan ojek online seperti Gojek dan Grab juga tersedia di Bali, meskipun tidak seluas di kota-kota besar seperti Jakarta. Anda dapat memesan ojek melalui aplikasi di ponsel Anda dan mereka akan datang menjemput Anda. Biaya ojek online lebih murah daripada taksi dan relatif aman dan nyaman untuk digunakan. Namun, pastikan Anda memilih ojek dengan rating tinggi dan mengkonfirmasi dengan driver tujuan Anda sebelum mulai perjalanan.

Taksi

Taksi juga tersedia di Bali, meskipun biaya taksi relatif lebih mahal dibandingkan dengan ojek online. Pastikan Anda memilih taksi yang bereputasi baik dan menggunakan argo untuk menghindari penipuan harga.

Angkutan Umum

Angkutan umum juga tersedia di Bali, meskipun jarang digunakan oleh turis karena tidak seefisien moda transportasi lainnya. Anda dapat naik bemo atau bus umum untuk perjalanan yang lebih jauh, namun pastikan Anda memahami rute dan jadwal angkutan umum sebelum memulai perjalanan Anda.

Naik Sepeda

Jika Anda ingin menjelajahi Bali secara tradisional, naik sepeda adalah pilihan yang bisa dipertimbangkan. Ada banyak tempat yang menyewakan sepeda di Bali, mulai dari sepeda gunung hingga sepeda ontel. Namun, pastikan untuk memilih rute yang sesuai dan berhati-hati saat berkendara di jalan yang sibuk.

Kesimpulan


Kesimpulan Situbondo ke Bali

Berangkat dari Situbondo ke Bali memang perjalanan yang cukup melelahkan, namun keindahan Bali seakan mengobati semua kepenatan selama perjalanan. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata, penginapan, dan kuliner yang dapat dikunjungi di bali:

Tempat Wisata

Untuk wisata alam, rekomendasi yang patut dikunjungi adalah Pantai Pandawa, Garuda Wisnu Kencana (GWK), dan Taman Tirta Gangga. Sementara untuk wisata budaya, Pura Tanah Lot, Museum Neka Ubud, dan Pura Besakih harus masuk dalam daftar kunjungan.

Penginapan

Ada banyak jenis penginapan yang dapat dipilih di Bali, tergantung dari budget dan kebutuhan. Namun, jika ingin berlibur dengan suasana tenang, Taman Wana Villas and Spa, Maya Ubud Resort & Spa, dan Peninsula Beach Resort Bali dapat menjadi pilihan.

Kuliner

Bali juga terkenal dengan kuliner khasnya, mulai dari Babi Guling, Nasi Campur Bali, hingga Sate Lilit. Tempat makan yang direkomendasikan adalah Warung Wardani, Paon Bali, dan Ibu Oka.

Belanja Souvenir

Pusat perbelanjaan khas Bali adalah Jalan Legian dan Jalan Raya Kuta. Beberapa tempat belanja yang direkomendasikan adalah Krisna Bali, Joger Bali, dan Kumbasari Art Market.

Transportasi

Untuk transportasi di Bali, tersedia berbagai pilihan, mulai dari taksi hingga motorbike rental. Namun, untuk budget yang lebih irit, angkutan umum seperti Trans Sarbagita dapat menjadi pilihan.

Keamanan dan Keselamatan

Selama berada di Bali, penting untuk memperhatikan keamanan dan keselamatan. Pastikan untuk menjaga barang bawaan dengan baik dan selalu berada di tempat yang ramai. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi dan menghindari minum air dari keran.

Cuaca

Tentu saja, cuaca di Bali cukup berbeda dengan di Situbondo. Musim kemarau dimulai sekitar bulan April hingga Oktober, dan musim hujan dimulai sekitar bulan November hingga Maret. Jangan lupa untuk membawa pakaian yang sesuai dengan cuaca dan lingkungan di Bali.

Dengan mengikuti rekomendasi tersebut, diharapkan perjalanan dari Situbondo ke Bali akan semakin menyenangkan. Selamat berlibur!

Also Read

Tags