Situbondo Daerah Mana? Lokasi, Sejarah, dan Destinasi Wisata

Pak Budi

situbondo daerah mana
situbondo daerah mana

Situbondo Daerah Mana? Lokasi, Sejarah, dan Destinasi Wisata

Situbondo adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.623,62 km² dan berpenduduk sekitar 689.000 jiwa. Ibu kota Kabupaten Situbondo berada di Kecamatan Situbondo.

Situbondo berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di sebelah utara, Kabupaten Lumajang di sebelah timur, Kabupaten Bondowoso di sebelah selatan, dan Kabupaten Banyuwangi di sebelah barat. Kabupaten ini memiliki garis pantai sepanjang 110 km.

Situbondo memiliki sejarah yang panjang dan menarik. Kabupaten ini pernah menjadi bagian dari Kerajaan Majapahit, Kerajaan Singhasari, dan Kerajaan Mataram Islam. Pada masa kolonial Belanda, Situbondo menjadi bagian dari wilayah Karesidenan Besuki. Setelah Indonesia merdeka, Situbondo menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur.

situbondo daerah mana

Situbondo, kabupaten di Jawa Timur.

  • Ibu kota: Situbondo
  • Luas wilayah: 1.623,62 km²
  • Jumlah penduduk: 689.000 jiwa
  • Batas wilayah:
  • Utara: Kabupaten Probolinggo
  • Timur: Kabupaten Lumajang
  • Selatan: Kabupaten Bondowoso
  • Barat: Kabupaten Banyuwangi
  • Garis pantai: 110 km

Situbondo memiliki sejarah panjang dan menarik, pernah menjadi bagian dari Kerajaan Majapahit, Kerajaan Singhasari, Kerajaan Mataram Islam, dan wilayah Karesidenan Besuki pada masa kolonial Belanda. Setelah Indonesia merdeka, Situbondo menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur.

Ibu kota: Situbondo

Situbondo adalah ibu kota Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kota ini terletak di bagian utara kabupaten, sekitar 120 km dari Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur.

  • Pusat pemerintahan

    Sebagai ibu kota kabupaten, Situbondo merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Situbondo. Di kota ini terdapat kantor-kantor pemerintahan, seperti kantor bupati, kantor DPRD, dan kantor-kantor dinas pemerintahan lainnya.

  • Pusat perekonomian

    Situbondo merupakan pusat perekonomian Kabupaten Situbondo. Di kota ini terdapat berbagai macam usaha, seperti pertokoan, pasar, dan pabrik. Selain itu, Situbondo juga merupakan jalur perdagangan penting antara Jawa Timur dan Bali.

  • Pusat pendidikan

    Situbondo merupakan pusat pendidikan di Kabupaten Situbondo. Di kota ini terdapat berbagai macam sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Beberapa perguruan tinggi yang ada di Situbondo antara lain Universitas Ibrahimi Situbondo, Politeknik Negeri Situbondo, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Situbondo.

  • Pusat kesehatan

    Situbondo merupakan pusat kesehatan di Kabupaten Situbondo. Di kota ini terdapat berbagai macam fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinik. Selain itu, Situbondo juga memiliki beberapa tempat wisata kesehatan, seperti pemandian air panas dan sumber mata air belerang.

Situbondo merupakan kota yang penting di Kabupaten Situbondo. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, perekonomian, pendidikan, dan kesehatan di kabupaten ini.

Luas wilayah: 1.623,62 km²

Kabupaten Situbondo memiliki luas wilayah 1.623,62 km². Luas wilayah ini menempatkan Situbondo sebagai kabupaten terluas ke-10 di Jawa Timur.

  • Sebagian besar wilayah Situbondo berupa pegunungan

    Sebagian besar wilayah Situbondo berupa pegunungan, dengan Gunung Argopuro sebagai puncak tertinggi. Gunung Argopuro memiliki ketinggian 3.088 mdpl dan merupakan gunung tertinggi di Jawa Timur.

  • Wilayah pesisir Situbondo berupa dataran rendah

    Wilayah pesisir Situbondo berupa dataran rendah yang subur. Dataran rendah ini dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan. Beberapa hasil pertanian utama Situbondo antara lain padi, jagung, kedelai, dan tebu.

  • Situbondo memiliki garis pantai yang panjang

    Situbondo memiliki garis pantai yang panjang, sekitar 110 km. Garis pantai ini membentang dari Kecamatan Banyuputih di sebelah barat hingga Kecamatan Asembagus di sebelah timur.

  • Situbondo memiliki beberapa pulau kecil

    Situbondo memiliki beberapa pulau kecil yang terletak di lepas pantai. Beberapa pulau kecil tersebut antara lain Pulau Nusa Barong, Pulau Tabuhan, dan Pulau Kangean.

Luas wilayah Situbondo yang cukup luas membuat kabupaten ini memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Selain pertanian dan perkebunan, Situbondo juga memiliki potensi di bidang perikanan, kehutanan, dan pariwisata.

Jumlah penduduk: 689.000 jiwa

Kabupaten Situbondo memiliki jumlah penduduk sekitar 689.000 jiwa. Jumlah penduduk ini menempatkan Situbondo sebagai kabupaten terpadat ke-12 di Jawa Timur.

  • Sebagian besar penduduk Situbondo tinggal di wilayah pesisir

    Sebagian besar penduduk Situbondo tinggal di wilayah pesisir. Hal ini disebabkan karena wilayah pesisir Situbondo lebih subur dan memiliki akses yang lebih baik dibandingkan dengan wilayah pegunungan.

  • Situbondo memiliki beberapa daerah transmigrasi

    Situbondo memiliki beberapa daerah transmigrasi, yaitu di Kecamatan Jatibanteng, Kecamatan Kapongan, dan Kecamatan Banyuputih. Daerah-daerah transmigrasi ini dibuka pada masa pemerintahan Presiden Soeharto untuk mengurangi kepadatan penduduk di Jawa.

  • Situbondo memiliki beberapa suku bangsa

    Situbondo memiliki beberapa suku bangsa, antara lain suku Jawa, suku Madura, dan suku Osing. Suku Jawa merupakan suku mayoritas di Situbondo, diikuti oleh suku Madura dan suku Osing.

  • Situbondo memiliki beberapa agama

    Situbondo memiliki beberapa agama, antara lain Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha. Islam merupakan agama mayoritas di Situbondo, diikuti oleh Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha.

Jumlah penduduk Situbondo yang cukup besar membuat kabupaten ini memiliki potensi pasar yang besar. Selain itu, keberagaman suku bangsa dan agama di Situbondo membuat kabupaten ini memiliki budaya yang kaya.

Batas wilayah:

Kabupaten Situbondo memiliki batas wilayah sebagai berikut:

  • Utara: Kabupaten Probolinggo

    Batas wilayah antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Probolinggo adalah Gunung Argopuro. Gunung Argopuro merupakan gunung tertinggi di Jawa Timur dan menjadi batas alami antara kedua kabupaten ini.

  • Timur: Kabupaten Lumajang

    Batas wilayah antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Lumajang adalah Sungai Bondoyudo. Sungai Bondoyudo merupakan sungai terpanjang di Jawa Timur dan menjadi batas alami antara kedua kabupaten ini.

  • Selatan: Kabupaten Bondowoso

    Batas wilayah antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Bondowoso adalah Pegunungan Ijen. Pegunungan Ijen merupakan pegunungan berapi yang menjadi batas alami antara kedua kabupaten ini.

  • Barat: Kabupaten Banyuwangi

    Batas wilayah antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi adalah Selat Bali. Selat Bali merupakan selat yang memisahkan pulau Jawa dan pulau Bali.

Batas-batas wilayah Kabupaten Situbondo tersebut membuat kabupaten ini memiliki posisi yang strategis. Situbondo berada di jalur utama transportasi darat antara Jawa Timur dan Bali. Selain itu, Situbondo juga memiliki akses yang mudah ke Selat Bali, sehingga memudahkan kegiatan perdagangan dan pariwisata.

Utara: Kabupaten Probolinggo

Kabupaten Situbondo berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di sebelah utara. Batas wilayah antara kedua kabupaten ini adalah Gunung Argopuro.

  • Gunung Argopuro merupakan gunung tertinggi di Jawa Timur

    Gunung Argopuro memiliki ketinggian 3.088 mdpl dan merupakan gunung tertinggi di Jawa Timur. Gunung Argopuro menjadi batas alami antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Probolinggo.

  • Gunung Argopuro merupakan kawasan hutan lindung

    Gunung Argopuro merupakan kawasan hutan lindung yang dilindungi oleh pemerintah. Kawasan hutan lindung ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan mencegah terjadinya bencana alam.

  • Gunung Argopuro merupakan objek wisata alam

    Gunung Argopuro merupakan objek wisata alam yang menarik. Gunung Argopuro memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Gunung Argopuro juga merupakan tempat yang tepat untuk melakukan pendakian gunung.

  • Gunung Argopuro merupakan jalur pendakian

    Gunung Argopuro merupakan jalur pendakian yang populer di kalangan pendaki gunung. Gunung Argopuro memiliki beberapa jalur pendakian, antara lain jalur via Baderan, jalur via Bremi, dan jalur via Cemara Lima.

Batas wilayah antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Probolinggo yang berupa Gunung Argopuro ini membuat kedua kabupaten ini memiliki potensi wisata alam yang besar. Gunung Argopuro dapat menjadi objek wisata alam dan jalur pendakian yang menarik bagi wisatawan.

Timur: Kabupaten Lumajang

Kabupaten Situbondo berbatasan dengan Kabupaten Lumajang di sebelah timur. Batas wilayah antara kedua kabupaten ini adalah Sungai Bondoyudo.

Sungai Bondoyudo merupakan sungai terpanjang di Jawa Timur. Sungai Bondoyudo berhulu di Gunung Semeru dan bermuara di Selat Madura. Sungai Bondoyudo menjadi batas alami antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Lumajang.

Sungai Bondoyudo merupakan sungai yang penting bagi masyarakat Situbondo dan Lumajang. Sungai Bondoyudo digunakan untuk mengairi sawah, perkebunan, dan tambak. Selain itu, Sungai Bondoyudo juga merupakan jalur transportasi sungai yang penting.

Batas wilayah antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Lumajang yang berupa Sungai Bondoyudo ini membuat kedua kabupaten ini memiliki potensi ekonomi yang besar. Sungai Bondoyudo dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pertanian, perkebunan, perikanan, dan pariwisata.

Selain Sungai Bondoyudo, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Lumajang juga memiliki beberapa kesamaan lainnya. Kedua kabupaten ini sama-sama memiliki potensi wisata alam yang besar. Kabupaten Situbondo memiliki Gunung Argopuro, sedangkan Kabupaten Lumajang memiliki Gunung Semeru. Kedua gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Timur dan menjadi objek wisata alam yang menarik.

Selatan: Kabupaten Bondowoso

Kabupaten Situbondo berbatasan dengan Kabupaten Bondowoso di sebelah selatan. Batas wilayah antara kedua kabupaten ini adalah Pegunungan Ijen.

  • Pegunungan Ijen merupakan pegunungan berapi

    Pegunungan Ijen merupakan pegunungan berapi yang masih aktif. Pegunungan Ijen memiliki beberapa puncak, antara lain Gunung Ijen, Gunung Merapi, dan Gunung Raung.

  • Pegunungan Ijen merupakan kawasan hutan lindung

    Pegunungan Ijen merupakan kawasan hutan lindung yang dilindungi oleh pemerintah. Kawasan hutan lindung ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan mencegah terjadinya bencana alam.

  • Pegunungan Ijen merupakan objek wisata alam

    Pegunungan Ijen merupakan objek wisata alam yang menarik. Pegunungan Ijen memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Pegunungan Ijen juga merupakan tempat yang tepat untuk melakukan pendakian gunung.

  • Pegunungan Ijen merupakan jalur pendakian

    Pegunungan Ijen merupakan jalur pendakian yang populer di kalangan pendaki gunung. Pegunungan Ijen memiliki beberapa jalur pendakian, antara lain jalur via Paltuding, jalur via Banyuwangi, dan jalur via Bondowoso.

Batas wilayah antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Bondowoso yang berupa Pegunungan Ijen ini membuat kedua kabupaten ini memiliki potensi wisata alam yang besar. Pegunungan Ijen dapat menjadi objek wisata alam dan jalur pendakian yang menarik bagi wisatawan.

Barat: Kabupaten Banyuwangi

Kabupaten Situbondo berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi di sebelah barat. Batas wilayah antara kedua kabupaten ini adalah Selat Bali.

  • Selat Bali merupakan selat yang memisahkan pulau Jawa dan pulau Bali

    Selat Bali merupakan selat yang sempit. Selat Bali memiliki lebar sekitar 20 kilometer dan kedalaman sekitar 100 meter. Selat Bali menjadi batas alami antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi.

  • Selat Bali merupakan jalur pelayaran yang penting

    Selat Bali merupakan jalur pelayaran yang penting. Selat Bali menghubungkan pulau Jawa dan pulau Bali. Setiap hari, banyak kapal yang melintasi Selat Bali.

  • Selat Bali merupakan objek wisata bahari

    Selat Bali merupakan objek wisata bahari yang menarik. Selat Bali memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Selat Bali juga merupakan tempat yang tepat untuk melakukan olahraga air, seperti berenang, menyelam, dan memancing.

  • Selat Bali merupakan jalur penyeberangan

    Selat Bali merupakan jalur penyeberangan yang penting. Selat Bali menghubungkan pulau Jawa dan pulau Bali. Setiap hari, banyak kapal feri yang menyeberangi Selat Bali.

Batas wilayah antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi yang berupa Selat Bali ini membuat kedua kabupaten ini memiliki potensi ekonomi yang besar. Selat Bali dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pariwisata, perdagangan, dan perikanan.

Garis pantai: 110 km

Kabupaten Situbondo memiliki garis pantai sepanjang 110 km. Garis pantai ini membentang dari Kecamatan Banyuputih di sebelah barat hingga Kecamatan Asembagus di sebelah timur.

Pantai-pantai di Kabupaten Situbondo memiliki pemandangan yang indah dan pasir putih yang halus. Beberapa pantai yang terkenal di Kabupaten Situbondo antara lain Pantai Pasir Putih, Pantai Banongan, dan Pantai Tambakrejo.

Pantai-pantai di Kabupaten Situbondo juga merupakan tempat yang tepat untuk melakukan berbagai aktivitas wisata bahari, seperti berenang, menyelam, memancing, dan berselancar.

Selain itu, pantai-pantai di Kabupaten Situbondo juga merupakan tempat yang tepat untuk menikmati sunset dan sunrise. Pemandangan sunset dan sunrise di pantai-pantai Kabupaten Situbondo sangat indah dan mempesona.

Garis pantai yang panjang membuat Kabupaten Situbondo memiliki potensi ekonomi yang besar. Garis pantai ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pariwisata, perdagangan, dan perikanan.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Kabupaten Situbondo:

Question 1: Di mana letak Kabupaten Situbondo?

Answer 1: Kabupaten Situbondo terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten Situbondo berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di sebelah utara, Kabupaten Lumajang di sebelah timur, Kabupaten Bondowoso di sebelah selatan, dan Kabupaten Banyuwangi di sebelah barat.

Question 2: Apa ibu kota Kabupaten Situbondo?

Answer 2: Ibu kota Kabupaten Situbondo adalah Kecamatan Situbondo.

Question 3: Berapa luas wilayah Kabupaten Situbondo?

Answer 3: Luas wilayah Kabupaten Situbondo adalah 1.623,62 km².

Question 4: Berapa jumlah penduduk Kabupaten Situbondo?

Answer 4: Jumlah penduduk Kabupaten Situbondo sekitar 689.000 jiwa.

Question 5: Apa saja batas wilayah Kabupaten Situbondo?

Answer 5: Batas wilayah Kabupaten Situbondo adalah sebagai berikut:

  • Utara: Kabupaten Probolinggo
  • Timur: Kabupaten Lumajang
  • Selatan: Kabupaten Bondowoso
  • Barat: Kabupaten Banyuwangi

Question 6: Apa saja objek wisata yang ada di Kabupaten Situbondo?

Answer 6: Kabupaten Situbondo memiliki beberapa objek wisata, antara lain:

  • Pantai Pasir Putih
  • Pantai Banongan
  • Pantai Tambakrejo
  • Gunung Argopuro
  • Pegunungan Ijen
  • Selat Bali

Question 7: Apa saja makanan khas Kabupaten Situbondo?

Answer 7: Kabupaten Situbondo memiliki beberapa makanan khas, antara lain:

  • Rujak Soto
  • Sate Lilit
  • Pecel Pincuk
  • Gado-gado Situbondo
  • Suroboyo Situbondo

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Kabupaten Situbondo. Semoga bermanfaat.

Selain informasi di atas, berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin berkunjung ke Kabupaten Situbondo:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin berkunjung ke Kabupaten Situbondo:

1. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Situbondo adalah pada musim kemarau (April-Oktober).

Pada musim kemarau, cuaca di Situbondo cerah dan tidak hujan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas wisata.

2. Jangan lupa membawa pakaian renang dan tabir surya.

Situbondo memiliki banyak pantai yang indah. Jika Anda ingin berenang atau bermain air di pantai, jangan lupa membawa pakaian renang dan tabir surya.

3. Cobalah untuk mencicipi kuliner khas Situbondo.

Situbondo memiliki beberapa kuliner khas yang lezat, seperti rujak soto, sate lilit, pecel pincuk, gado-gado Situbondo, dan suroboyo Situbondo. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner-kuliner tersebut.

4. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Situbondo.

Situbondo memiliki beberapa oleh-oleh khas yang unik, seperti batik Situbondo, kerajinan tangan dari bambu, dan makanan khas Situbondo. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Situbondo untuk keluarga dan teman-teman Anda.

Demikian beberapa tips untuk Anda yang ingin berkunjung ke Kabupaten Situbondo. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat.

Kabupaten Situbondo adalah kabupaten yang indah dan memiliki banyak potensi wisata. Jika Anda sedang mencari tempat untuk berlibur, Kabupaten Situbondo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Conclusion

Kabupaten Situbondo adalah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten Situbondo memiliki luas wilayah 1.623,62 km² dan jumlah penduduk sekitar 689.000 jiwa. Ibu kota Kabupaten Situbondo adalah Kecamatan Situbondo.

Kabupaten Situbondo memiliki beberapa potensi wisata, antara lain pantai-pantai yang indah, pegunungan, dan air terjun. Selain itu, Kabupaten Situbondo juga memiliki beberapa kuliner khas yang lezat dan oleh-oleh khas yang unik.

Jika Anda sedang mencari tempat untuk berlibur, Kabupaten Situbondo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Kabupaten Situbondo menawarkan berbagai macam objek wisata yang menarik dan kuliner yang lezat.

Demikian informasi tentang Kabupaten Situbondo. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini.

Salam hangat.

Jangan lupa untuk mengunjungi Kabupaten Situbondo dan menikmati keindahan alamnya serta kulinernya yang lezat.


Images References :

Also Read