Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdoer Rahem Situbondo: Layanan Kesehatan Berkualitas di Kota Santri

Pak Budi

rumah sakit umum situbondo
rumah sakit umum situbondo

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdoer Rahem Situbondo: Layanan Kesehatan Berkualitas di Kota Santri

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdoer Rahem Situbondo merupakan salah satu fasilitas kesehatan unggulan di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Rumah sakit ini berdiri sejak tahun 1948 dan telah menjadi rujukan bagi masyarakat Situbondo dan sekitarnya untuk mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau.

Dengan didukung oleh tenaga medis dan paramedis yang kompeten serta fasilitas yang lengkap, Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdoer Rahem Situbondo siap melayani berbagai macam kebutuhan kesehatan masyarakat. Mulai dari layanan rawat jalan, rawat inap, hingga tindakan operasi, semua tersedia di rumah sakit ini.

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdoer Rahem Situbondo, mulai dari sejarahnya, layanan yang tersedia, hingga prestasi yang telah dicapai. Mari kita simak bersama.

rumah sakit umum situbondo

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdoer Rahem Situbondo, dikenal juga dengan sebutan RSUD Situbondo, merupakan rumah sakit milik pemerintah daerah yang terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

  • Berdiri sejak 1948
  • Fasilitas lengkap
  • Tenaga medis kompeten
  • Layanan unggulan
  • Pusat rujukan regional
  • Akreditasi paripurna
  • Pelayanan ramah
  • Tarif terjangkau

RSUD Situbondo terus berupaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat, dengan menambah fasilitas dan tenaga medis, serta mengikuti perkembangan teknologi medis terkini.

Berdiri sejak 1948

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdoer Rahem Situbondo memiliki sejarah panjang dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. Rumah sakit ini berdiri pada tahun 1948, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1948, bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-3.

  • Pelopor Layanan Kesehatan di Situbondo

    RSUD Situbondo merupakan rumah sakit pertama yang berdiri di Kabupaten Situbondo. Pada awal berdirinya, rumah sakit ini hanya memiliki beberapa ruangan dan tenaga medis yang terbatas. Namun, seiring berjalannya waktu, RSUD Situbondo terus berkembang dan menjadi pusat layanan kesehatan utama di Situbondo.

  • Sakti Saksi Perjuangan Kemerdekaan

    RSUD Situbondo menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Situbondo dalam merebut kemerdekaan dari penjajah. Selama masa perang kemerdekaan, RSUD Situbondo menjadi tempat perawatan para pejuang yang terluka. Rumah sakit ini juga menjadi tempat persinggahan para pejuang yang akan berangkat ke medan perang.

  • Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan

    Selain memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, RSUD Situbondo juga berperan sebagai pusat pendidikan tenaga kesehatan. Rumah sakit ini bekerja sama dengan beberapa universitas dan sekolah kesehatan untuk menyelenggarakan program pendidikan dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya.

  • Rumah Sakit Unggulan di Jawa Timur

    RSUD Situbondo merupakan salah satu rumah sakit unggulan di Jawa Timur. Rumah sakit ini telah terakreditasi paripurna oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). RSUD Situbondo juga telah meraih berbagai penghargaan, termasuk penghargaan “Rumah Sakit Bersih dan Ramah Lingkungan” dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Dengan sejarah panjang dan prestasi yang diraihnya, RSUD Situbondo tetap berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau kepada masyarakat Situbondo dan sekitarnya.

Fasilitas lengkap

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdoer Rahem Situbondo dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern untuk mendukung pelayanan kesehatan yang optimal. Fasilitas-fasilitas tersebut meliputi:

1. Gedung dan Ruang Perawatan yang Memadai

RSUD Situbondo memiliki gedung dan ruang perawatan yang memadai untuk melayani pasien rawat jalan maupun rawat inap. Ruang perawatan di RSUD Situbondo dirancang dengan memperhatikan kenyamanan dan privasi pasien. Setiap ruang perawatan dilengkapi dengan tempat tidur, lemari, meja, kursi, dan kamar mandi dalam.

2. Ruang Operasi dan ICU

RSUD Situbondo memiliki ruang operasi yang lengkap dan modern. Ruang operasi ini dilengkapi dengan peralatan medis terkini, seperti mesin anestesi, meja operasi, dan lampu operasi. RSUD Situbondo juga memiliki ruang perawatan intensif (ICU) untuk merawat pasien yang membutuhkan perawatan khusus.

3. Poliklinik Spesialis

RSUD Situbondo memiliki poliklinik spesialis yang lengkap, antara lain poliklinik penyakit dalam, bedah, anak, kandungan, kulit dan kelamin, mata, THT, gigi, dan lainnya. Di setiap poliklinik, pasien akan ditangani oleh dokter spesialis yang kompeten dan berpengalaman.

4. Penunjang Medis

RSUD Situbondo dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang medis, seperti laboratorium, radiologi, dan farmasi. Laboratorium RSUD Situbondo dapat melakukan berbagai pemeriksaan laboratorium, mulai dari pemeriksaan darah, urine, hingga pemeriksaan patologi anatomi. Radiologi RSUD Situbondo dilengkapi dengan peralatan canggih, seperti CT scan, MRI, dan USG. Farmasi RSUD Situbondo menyediakan berbagai jenis obat-obatan, baik obat generik maupun obat paten.

Dengan fasilitas yang lengkap tersebut, RSUD Situbondo mampu memberikan layanan kesehatan yang komprehensif dan berkualitas kepada masyarakat Situbondo dan sekitarnya.

Tenaga medis kompeten

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdoer Rahem Situbondo didukung oleh tenaga medis yang kompeten dan berpengalaman. Tenaga medis di RSUD Situbondo terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat, bidan, apoteker, dan tenaga kesehatan lainnya.

1. Dokter Spesialis yang Kompeten

RSUD Situbondo memiliki dokter spesialis yang kompeten di berbagai bidang, antara lain penyakit dalam, bedah, anak, kandungan, kulit dan kelamin, mata, THT, gigi, dan lainnya. Dokter spesialis di RSUD Situbondo telah mengikuti pendidikan dan pelatihan khusus di bidang masing-masing, sehingga mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas dalam menangani berbagai penyakit.

2. Dokter Umum yang Berpengalaman

Selain dokter spesialis, RSUD Situbondo juga memiliki dokter umum yang berpengalaman. Dokter umum di RSUD Situbondo telah mengikuti pendidikan kedokteran umum selama 6 tahun dan telah menjalani internship selama 1 tahun. Dokter umum di RSUD Situbondo mampu menangani berbagai penyakit umum dan memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada pasien.

3. Perawat dan Bidan yang Profesional

Perawat dan bidan di RSUD Situbondo merupakan tenaga kesehatan yang profesional dan terampil. Perawat dan bidan di RSUD Situbondo telah mengikuti pendidikan keperawatan atau kebidanan dan telah memiliki sertifikat kompetensi. Perawat dan bidan di RSUD Situbondo memberikan pelayanan keperawatan dan kebidanan yang berkualitas kepada pasien.

Dengan tenaga medis yang kompeten dan berpengalaman, RSUD Situbondo mampu memberikan layanan kesehatan yang berkualitas dan bermutu kepada masyarakat Situbondo dan sekitarnya.

Layanan unggulan

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdoer Rahem Situbondo memiliki beberapa layanan unggulan, antara lain:

  • 1. Layanan Jantung Terpadu

RSUD Situbondo memiliki layanan jantung terpadu yang lengkap, mulai dari pemeriksaan jantung hingga tindakan operasi jantung. Layanan jantung terpadu RSUD Situbondo didukung oleh dokter spesialis jantung yang kompeten dan berpengalaman, serta peralatan medis yang canggih.

2. Layanan Stroke Terpadu

RSUD Situbondo juga memiliki layanan stroke terpadu yang lengkap, mulai dari pemeriksaan stroke hingga rehabilitasi stroke. Layanan stroke terpadu RSUD Situbondo didukung oleh dokter spesialis saraf yang kompeten dan berpengalaman, serta peralatan medis yang canggih.

3. Layanan Kanker Terpadu

RSUD Situbondo memiliki layanan kanker terpadu yang lengkap, mulai dari pemeriksaan kanker hingga pengobatan kanker. Layanan kanker terpadu RSUD Situbondo didukung oleh dokter spesialis onkologi yang kompeten dan berpengalaman, serta peralatan medis yang canggih.

4. Layanan Trauma Center

RSUD Situbondo memiliki layanan trauma center yang lengkap, mulai dari penanganan pasien trauma hingga rehabilitasi pasien trauma. Layanan trauma center RSUD Situbondo didukung oleh dokter spesialis bedah, anestesi, dan ortopedi yang kompeten dan berpengalaman, serta peralatan medis yang canggih.

Selain layanan unggulan tersebut, RSUD Situbondo juga memiliki layanan unggulan lainnya, seperti layanan ibu dan anak, layanan kesehatan jiwa, dan layanan kesehatan gigi dan mulut.

Pusat rujukan regional

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdoer Rahem Situbondo merupakan pusat rujukan regional untuk wilayah Jawa Timur bagian timur. RSUD Situbondo menerima pasien rujukan dari berbagai rumah sakit di Kabupaten Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember.

  • 1. Fasilitas dan Tenaga Medis yang Lengkap

RSUD Situbondo memiliki fasilitas dan tenaga medis yang lengkap untuk menangani berbagai macam penyakit. Fasilitas dan tenaga medis yang lengkap tersebut membuat RSUD Situbondo mampu memberikan layanan kesehatan yang berkualitas kepada pasien rujukan.

2. Layanan Unggulan

RSUD Situbondo memiliki beberapa layanan unggulan, seperti layanan jantung terpadu, layanan stroke terpadu, layanan kanker terpadu, dan layanan trauma center. Layanan unggulan tersebut membuat RSUD Situbondo menjadi pilihan utama bagi pasien rujukan yang membutuhkan perawatan khusus.

3. Lokasi yang Strategis

RSUD Situbondo terletak di lokasi yang strategis, yaitu di pusat kota Situbondo. Lokasi yang strategis tersebut membuat RSUD Situbondo mudah dijangkau oleh pasien rujukan dari berbagai daerah.

4. Biaya yang Terjangkau

RSUD Situbondo merupakan rumah sakit milik pemerintah daerah, sehingga biaya perawatan di RSUD Situbondo lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya perawatan di rumah sakit swasta. Biaya yang terjangkau tersebut membuat RSUD Situbondo menjadi pilihan utama bagi pasien rujukan yang memiliki keterbatasan biaya.

Dengan fasilitas, tenaga medis, layanan unggulan, lokasi yang strategis, dan biaya yang terjangkau, RSUD Situbondo menjadi pusat rujukan regional yang terpercaya bagi masyarakat Jawa Timur bagian timur.

Akreditasi paripurna

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdoer Rahem Situbondo telah meraih akreditasi paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Akreditasi paripurna merupakan tingkat akreditasi tertinggi yang diberikan oleh KARS kepada rumah sakit.

  • 1. Standar Pelayanan yang Tinggi

RSUD Situbondo telah memenuhi standar pelayanan yang tinggi yang ditetapkan oleh KARS. Standar pelayanan yang tinggi tersebut meliputi standar pelayanan medis, standar pelayanan keperawatan, standar pelayanan penunjang medis, dan standar pelayanan administrasi.

2. Komitmen terhadap Mutu

RSUD Situbondo memiliki komitmen yang kuat terhadap mutu pelayanan kesehatan. Komitmen tersebut dibuktikan dengan adanya sistem manajemen mutu yang terintegrasi di seluruh unit kerja RSUD Situbondo.

3. Peningkatan Mutu Berkelanjutan

RSUD Situbondo terus berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan secara berkelanjutan. Upaya peningkatan mutu tersebut dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti pelatihan tenaga medis, penyediaan fasilitas kesehatan yang lengkap, dan penerapan teknologi medis terkini.

4. Kepuasan Pasien

RSUD Situbondo selalu berupaya untuk meningkatkan kepuasan pasien. Upaya peningkatan kepuasan pasien tersebut dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti pemberian layanan yang ramah dan profesional, penyediaan fasilitas yang nyaman, dan penanganan keluhan pasien secara cepat dan tuntas.

Dengan meraih akreditasi paripurna dari KARS, RSUD Situbondo membuktikan bahwa rumah sakit ini mampu memberikan layanan kesehatan yang berkualitas dan bermutu kepada masyarakat.

Pelayanan ramah

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdoer Rahem Situbondo berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang ramah kepada pasien dan keluarganya. Pelayanan yang ramah tersebut meliputi:

  • 1. Senyum, Sapa, Salam

Seluruh petugas RSUD Situbondo, mulai dari dokter, perawat, hingga petugas administrasi, selalu memberikan senyum, sapa, dan salam kepada pasien dan keluarganya. Hal ini membuat pasien dan keluarganya merasa nyaman dan dihargai.

2. Layanan Informasi yang Ramah

Petugas informasi RSUD Situbondo selalu siap memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pasien dan keluarganya dengan ramah dan jelas. Petugas informasi RSUD Situbondo juga membantu pasien dan keluarganya untuk mengurus berbagai keperluan administrasi.

3. Dokter dan Perawat yang Ramah

Dokter dan perawat RSUD Situbondo selalu memberikan pelayanan yang ramah kepada pasien. Dokter dan perawat RSUD Situbondo selalu menjelaskan kondisi pasien dan rencana pengobatan dengan jelas dan mudah dipahami oleh pasien dan keluarganya. Dokter dan perawat RSUD Situbondo juga selalu mendengarkan keluhan pasien dan keluarganya dengan seksama.

4. Layanan Keluhan Pasien

RSUD Situbondo memiliki layanan khusus untuk menangani keluhan pasien. Pasien dan keluarga pasien dapat menyampaikan keluhannya melalui berbagai saluran, seperti kotak saran, telepon, atau email. RSUD Situbondo selalu menanggapi keluhan pasien dengan cepat dan tuntas.

Dengan memberikan pelayanan yang ramah, RSUD Situbondo berupaya untuk membuat pasien dan keluarganya merasa nyaman dan puas selama menjalani perawatan di RSUD Situbondo.

Tarif terjangkau

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdoer Rahem Situbondo merupakan rumah sakit milik pemerintah daerah, sehingga tarif perawatan di RSUD Situbondo lebih terjangkau dibandingkan dengan tarif perawatan di rumah sakit swasta.

  • 1. Tarif Sesuai dengan Peraturan Pemerintah

Tarif perawatan di RSUD Situbondo ditetapkan sesuai dengan peraturan pemerintah, sehingga tarif perawatan di RSUD Situbondo lebih terjangkau bagi masyarakat.

2. Kelas Perawatan yang Beragam

RSUD Situbondo menyediakan berbagai kelas perawatan, mulai dari kelas III hingga kelas VIP. Dengan demikian, pasien dapat memilih kelas perawatan yang sesuai dengan kemampuan ekonominya.

3. Layanan Sosial bagi Masyarakat Tidak Mampu

RSUD Situbondo menyediakan layanan sosial bagi masyarakat tidak mampu. Masyarakat tidak mampu dapat mengajukan keringanan biaya perawatan kepada pihak RSUD Situbondo. Keringanan biaya perawatan tersebut dapat berupa potongan biaya perawatan atau bahkan pembebasan biaya perawatan.

4. Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan

RSUD Situbondo bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Dengan demikian, pasien yang memiliki BPJS Kesehatan dapat berobat di RSUD Situbondo tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Dengan tarif yang terjangkau dan berbagai kemudahan pembayaran, RSUD Situbondo berupaya untuk memberikan layanan kesehatan yang berkualitas dan bermutu kepada seluruh lapisan masyarakat.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdoer Rahem Situbondo:

Question 1: Di mana lokasi RSUD Situbondo?
Answer 1: RSUD Situbondo berlokasi di Jalan dr. Soetomo No. 1, Kelurahan Situbondo, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Question 2: Apa saja layanan yang tersedia di RSUD Situbondo?
Answer 2: RSUD Situbondo menyediakan berbagai layanan kesehatan, antara lain layanan rawat jalan, rawat inap, layanan darurat, layanan bedah, layanan jantung, layanan stroke, layanan kanker, layanan trauma center, layanan ibu dan anak, layanan kesehatan jiwa, dan layanan kesehatan gigi dan mulut.

Question 3: Apakah RSUD Situbondo menerima pasien BPJS Kesehatan?
Answer 3: Ya, RSUD Situbondo bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Pasien yang memiliki BPJS Kesehatan dapat berobat di RSUD Situbondo tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Question 4: Bagaimana cara mendaftar pasien di RSUD Situbondo?
Answer 4: Untuk mendaftar pasien di RSUD Situbondo, pasien dapat datang langsung ke bagian pendaftaran atau mendaftar secara online melalui website RSUD Situbondo.

Question 5: Apakah RSUD Situbondo memiliki layanan khusus untuk pasien tidak mampu?
Answer 5: Ya, RSUD Situbondo menyediakan layanan sosial bagi masyarakat tidak mampu. Masyarakat tidak mampu dapat mengajukan keringanan biaya perawatan kepada pihak RSUD Situbondo.

Question 6: Bagaimana cara menghubungi RSUD Situbondo?
Answer 6: RSUD Situbondo dapat dihubungi melalui telepon (0338) 421119 atau melalui email [email protected]

Question 7: Apakah RSUD Situbondo buka 24 jam?
Answer 7: IGD dan layanan darurat RSUD Situbondo buka 24 jam, sedangkan poliklinik rawat jalan buka mulai pukul 08.00 hingga 15.00.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang RSUD Situbondo. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, silahkan hubungi langsung RSUD Situbondo melalui telepon atau email yang tertera di atas.

Selain FAQ di atas, berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan layanan terbaik di RSUD Situbondo:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan layanan terbaik di RSUD Situbondo:

1. Datang Lebih Awal

Jika Anda berobat jalan, sebaiknya datang lebih awal agar tidak mengantre terlalu lama. Pendaftaran pasien di RSUD Situbondo dibuka mulai pukul 08.00.

2. Bawa Dokumen yang Lengkap

Saat berobat ke RSUD Situbondo, jangan lupa membawa dokumen yang lengkap, seperti kartu identitas, kartu BPJS Kesehatan (jika ada), dan hasil pemeriksaan sebelumnya (jika ada).

3. Tanyakan kepada Petugas

Jika Anda merasa bingung atau tidak mengetahui prosedur tertentu, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas RSUD Situbondo. Petugas RSUD Situbondo akan dengan senang hati membantu Anda.

4. Manfaatkan Layanan Online

RSUD Situbondo menyediakan layanan pendaftaran online melalui website RSUD Situbondo. Dengan layanan pendaftaran online, Anda dapat mendaftar pasien tanpa harus datang langsung ke RSUD Situbondo.

5. Berikan Informasi yang Jujur kepada Dokter

Saat berkonsultasi dengan dokter, berikan informasi yang jujur tentang kondisi kesehatan Anda. Informasi yang jujur akan membantu dokter untuk memberikan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

6. Patuhi Instruksi Dokter dan Perawat

Setelah dokter memberikan diagnosis dan pengobatan, patuhi instruksi dokter dan perawat dengan sebaik-baiknya. Patuhi juga jadwal kontrol yang diberikan oleh dokter.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memperoleh layanan terbaik di RSUD Situbondo.

Demikian beberapa tips untuk mendapatkan layanan terbaik di RSUD Situbondo. Semoga bermanfaat.

Conclusion

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdoer Rahem Situbondo merupakan rumah sakit milik pemerintah daerah yang terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. RSUD Situbondo memiliki sejarah panjang dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. RSUD Situbondo berdiri sejak tahun 1948 dan telah menjadi pusat layanan kesehatan utama di Situbondo dan sekitarnya.

RSUD Situbondo memiliki fasilitas yang lengkap dan tenaga medis yang kompeten. RSUD Situbondo juga memiliki beberapa layanan unggulan, seperti layanan jantung terpadu, layanan stroke terpadu, layanan kanker terpadu, dan layanan trauma center. RSUD Situbondo juga merupakan pusat rujukan regional untuk wilayah Jawa Timur bagian timur.

RSUD Situbondo berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan yang berkualitas dan bermutu kepada masyarakat. RSUD Situbondo telah meraih akreditasi paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). RSUD Situbondo juga memberikan pelayanan yang ramah dan tarif yang terjangkau.

Dengan demikian, RSUD Situbondo merupakan pilihan yang tepat bagi masyarakat Situbondo dan sekitarnya untuk mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas dan bermutu.

Jadi, jika Anda membutuhkan layanan kesehatan, jangan ragu untuk datang ke RSUD Situbondo. RSUD Situbondo siap melayani Anda dengan sepenuh hati.


Images References :

Also Read