Rumah Makan Pemuda: Rasa Otentik Situbondo yang Melegenda

Pak Budi

rumah makan pemuda situbondo
rumah makan pemuda situbondo

Rumah Makan Pemuda: Rasa Otentik Situbondo yang Melegenda

Di antara hiruk pikuk kota Situbondo, terdapat sebuah rumah makan legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1957. Namanya Rumah Makan Pemuda, sebuah tempat makan sederhana yang menyajikan berbagai hidangan khas Situbondo dengan cita rasa yang otentik.

Rumah Makan Pemuda ini terletak di pusat kota Situbondo, tepatnya di Jalan PB Sudirman No. 11. Bangunannya yang sederhana dengan konsep warung makan tradisional seolah mengajak pengunjung untuk bernostalgia ke masa lalu. Dinding-dindingnya dihiasi dengan foto-foto lama Situbondo, sementara kursi dan mejanya terbuat dari kayu jati yang kokoh.

Rumah Makan Pemuda memang terkenal dengan menu-menu khas Situbondo yang lezat. Salah satu yang menjadi primadona adalah nasi tempong, hidangan nasi dengan lauk-pauk seperti tempe, tahu, ayam, dan sayuran, yang disiram dengan sambal pedas dan disajikan dengan berbagai macam rempeyek. Selain nasi tempong, Rumah Makan Pemuda juga menyajikan berbagai menu lainnya, seperti soto ayam, rawon, dan gulai kambing.

rumah makan pemuda situbondo

Rumah makan legendaris di Situbondo sejak 1957, menyajikan berbagai hidangan khas dengan cita rasa otentik.

  • Menu primadona: nasi tempong
  • Nasi dengan lauk-pauk dan sambal pedas
  • Disajikan dengan berbagai macam rempeyek
  • Menu lain: soto ayam, rawon, gulai kambing
  • Lokasi: pusat kota Situbondo
  • Bangunan sederhana dengan konsep warung makan tradisional
  • Dinding dihiasi foto-foto lama Situbondo

Rumah Makan Pemuda menjadi tempat makan favorit warga Situbondo dan wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Harga yang terjangkau dan cita rasa yang lezat membuat rumah makan ini selalu ramai pengunjung.

Menu primadona: nasi tempong

Nasi tempong adalah menu primadona di Rumah Makan Pemuda Situbondo. Hidangan ini terdiri dari nasi putih dengan berbagai lauk-pauk, seperti tempe goreng, tahu goreng, ayam goreng, dan sayuran rebus. Yang membuat nasi tempong khas Situbondo berbeda adalah sambalnya yang pedas dan gurih. Sambal ini terbuat dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, dan tomat, yang diulek hingga halus. Nasi tempong biasanya disajikan dengan berbagai macam rempeyek, seperti rempeyek kacang, rempeyek teri, dan rempeyek kedelai.

Nasi tempong memiliki cita rasa yang unik dan kompleks. Rasa pedas dari sambal berpadu dengan gurihnya lauk-pauk dan rempeyek, menciptakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Nasi tempong juga dikenal sebagai makanan yang mengenyangkan, sehingga cocok untuk disantap sebagai makan siang atau makan malam.

Selain nasi tempong, Rumah Makan Pemuda Situbondo juga menyajikan berbagai menu khas Situbondo lainnya, seperti soto ayam, rawon, dan gulai kambing. Namun, nasi tempong tetap menjadi menu favorit pengunjung rumah makan ini. Harga nasi tempong di Rumah Makan Pemuda Situbondo sangat terjangkau, sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Jika Anda berkunjung ke Situbondo, jangan lupa untuk mampir ke Rumah Makan Pemuda dan mencicipi nasi tempong yang legendaris. Anda pasti akan ketagihan dengan cita rasa nasi tempong yang otentik dan pedas.

Nasi dengan lauk-pauk dan sambal pedas

Nasi tempong di Rumah Makan Pemuda Situbondo disajikan dengan berbagai lauk-pauk, seperti tempe goreng, tahu goreng, ayam goreng, dan sayuran rebus. Tempe dan tahu digoreng hingga kering dan renyah, sementara ayam gorengnya empuk dan gurih. Sayuran rebusnya biasanya terdiri dari kangkung, bayam, dan kacang panjang.

Yang menjadi ciri khas nasi tempong di Rumah Makan Pemuda Situbondo adalah sambalnya yang pedas dan gurih. Sambal ini terbuat dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, dan tomat, yang diulek hingga halus. Sambal ini memiliki rasa yang pedas, gurih, dan sedikit asam. Bagi yang tidak kuat pedas, bisa meminta sambal yang lebih sedikit atau tidak pedas sama sekali.

Nasi tempong juga disajikan dengan berbagai macam rempeyek, seperti rempeyek kacang, rempeyek teri, dan rempeyek kedelai. Rempeyek ini berfungsi sebagai pelengkap nasi tempong dan menambah cita rasa gurih dan renyah. Anda bisa memilih rempeyek sesuai dengan selera Anda.

Perpaduan antara nasi, lauk-pauk, sambal, dan rempeyek menciptakan cita rasa nasi tempong yang unik dan kompleks. Rasa pedas dari sambal berpadu dengan gurihnya lauk-pauk dan rempeyek, menciptakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Nasi tempong juga dikenal sebagai makanan yang mengenyangkan, sehingga cocok untuk disantap sebagai makan siang atau makan malam.

Disajikan dengan berbagai macam rempeyek

Nasi tempong di Rumah Makan Pemuda Situbondo disajikan dengan berbagai macam rempeyek, seperti rempeyek kacang, rempeyek teri, dan rempeyek kedelai. Rempeyek ini berfungsi sebagai pelengkap nasi tempong dan menambah cita rasa gurih dan renyah.

Rempeyek kacang terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan, dicampur dengan tepung beras dan bumbu-bumbu, kemudian digoreng hingga kering dan renyah. Rempeyek teri terbuat dari teri nasi yang dicampur dengan tepung beras dan bumbu-bumbu, kemudian digoreng hingga kering dan renyah. Sedangkan rempeyek kedelai terbuat dari kacang kedelai yang dihaluskan, dicampur dengan tepung beras dan bumbu-bumbu, kemudian digoreng hingga kering dan renyah.

Rempeyek yang disajikan di Rumah Makan Pemuda Situbondo memiliki rasa yang gurih dan renyah. Rempeyek ini cocok untuk dinikmati bersama nasi tempong dan lauk-pauknya. Anda bisa memilih rempeyek sesuai dengan selera Anda.

Selain menambah cita rasa, rempeyek juga berfungsi sebagai pelengkap nasi tempong. Rempeyek yang renyah dan gurih menambah tekstur dan rasa pada nasi tempong. Nasi tempong tanpa rempeyek terasa kurang lengkap. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memesan rempeyek saat Anda makan nasi tempong di Rumah Makan Pemuda Situbondo.

Menu lain: soto ayam, rawon, gulai kambing

Selain nasi tempong, Rumah Makan Pemuda Situbondo juga menyajikan berbagai menu lain, seperti soto ayam, rawon, dan gulai kambing. Menu-menu ini juga memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

  • Soto ayam:

    Soto ayam di Rumah Makan Pemuda Situbondo memiliki kuah yang bening dan segar. Kuah soto ini terbuat dari kaldu ayam kampung yang dimasak dengan bumbu-bumbu rempah, seperti serai, lengkuas, jahe, dan kunyit. Soto ayam disajikan dengan potongan ayam kampung, bihun, tauge, dan telur rebus. Soto ayam di Rumah Makan Pemuda Situbondo memiliki rasa yang gurih dan segar, cocok untuk dinikmati saat cuaca panas.

  • Rawon:

    Rawon di Rumah Makan Pemuda Situbondo memiliki kuah hitam pekat yang khas. Kuah rawon ini terbuat dari kluwak yang dicampur dengan bumbu-bumbu rempah, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit. Rawon disajikan dengan potongan daging sapi, tempe goreng, dan tauge. Rawon di Rumah Makan Pemuda Situbondo memiliki rasa yang gurih dan sedikit manis, cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin.

  • Gulai kambing:

    Gulai kambing di Rumah Makan Pemuda Situbondo memiliki kuah yang kental dan gurih. Kuah gulai ini terbuat dari santan yang dicampur dengan bumbu-bumbu rempah, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit. Gulai kambing disajikan dengan potongan daging kambing, kentang, dan wortel. Gulai kambing di Rumah Makan Pemuda Situbondo memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas, cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin.

  • Soto Madura:

    Soto madura adalah hidangan berkuah dengan bahan utama daging sapi, kikil sapi dan jeroan sapi. Kuah soto bening dan segar, dengan rasa manis dan gurih sedikit pedas.
    Soto biasanya disajikan dengan nasi, kecambah, potato stick, daun bawang, bawang, dan kerupuk. Hidangan ini sangat mudah ditemukan di Surabaya, Jawa Timur dan menjadi idola para penikmat kuliner.

Itulah beberapa menu lain yang bisa Anda nikmati di Rumah Makan Pemuda Situbondo. Semua menu tersebut memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Anda bisa memilih menu sesuai dengan selera Anda.

Lokasi: pusat kota Situbondo

Rumah Makan Pemuda Situbondo terletak di pusat kota Situbondo, tepatnya di Jalan PB Sudirman No. 11. Lokasi ini sangat strategis dan mudah dijangkau dari berbagai penjuru kota.

  • Dekat dengan alun-alun kota:

    Rumah Makan Pemuda Situbondo berada di dekat alun-alun kota, sehingga Anda bisa dengan mudah berjalan kaki dari alun-alun ke rumah makan ini.

  • Dekat dengan pusat perbelanjaan:

    Rumah Makan Pemuda Situbondo juga berada di dekat pusat perbelanjaan, seperti Pasar Situbondo dan Mall Situbondo. Anda bisa mampir ke rumah makan ini setelah berbelanja di pusat perbelanjaan tersebut.

  • Dekat dengan terminal bus:

    Bagi Anda yang datang ke Situbondo menggunakan bus, Anda bisa langsung menuju ke Rumah Makan Pemuda Situbondo dari terminal bus. Rumah makan ini hanya berjarak sekitar 1 km dari terminal bus.

  • Dekat dengan stasiun kereta api:

    Bagi Anda yang datang ke Situbondo menggunakan kereta api, Anda bisa langsung menuju ke Rumah Makan Pemuda Situbondo dari stasiun kereta api. Rumah makan ini hanya berjarak sekitar 2 km dari stasiun kereta api.

Dengan lokasi yang strategis tersebut, Rumah Makan Pemuda Situbondo sangat mudah dijangkau oleh siapa saja. Anda tidak perlu khawatir kesulitan mencari rumah makan ini.

Bangunan sederhana dengan konsep warung makan tradisional

Rumah Makan Pemuda Situbondo menempati sebuah bangunan sederhana dengan konsep warung makan tradisional. Bangunan ini terbuat dari kayu dan beratap genteng. Dinding-dindingnya dicat dengan warna putih, sementara pintu dan jendelanya dicat dengan warna hijau. Di bagian depan rumah makan terdapat sebuah papan nama berwarna merah dengan tulisan “Rumah Makan Pemuda” berwarna putih.

Di dalam rumah makan, terdapat beberapa meja dan kursi kayu yang tertata rapi. Di dinding-dindingnya, tergantung berbagai macam foto lama Situbondo. Ada foto alun-alun kota, foto stasiun kereta api, dan foto-foto lainnya. Suasana di dalam rumah makan ini sangat sederhana dan tradisional, sehingga membuat pengunjung merasa seperti sedang makan di rumah sendiri.

Konsep warung makan tradisional ini dipilih oleh pemilik Rumah Makan Pemuda Situbondo untuk mempertahankan keaslian dan cita rasa masakannya. Dengan konsep ini, pengunjung bisa merasakan suasana makan di warung makan tradisional yang sudah ada sejak lama.

Meskipun bangunannya sederhana, Rumah Makan Pemuda Situbondo selalu ramai pengunjung. Para pengunjung datang dari berbagai kalangan, mulai dari warga lokal hingga wisatawan. Mereka datang untuk menikmati cita rasa masakan khas Situbondo yang otentik dan suasana makan yang tradisional.

Dinding dihiasi foto-foto lama Situbondo

Dinding-dinding Rumah Makan Pemuda Situbondo dihiasi dengan berbagai macam foto-foto lama Situbondo. Foto-foto ini merupakan koleksi pemilik rumah makan yang sengaja dipajang untuk mempercantik suasana dan memberikan informasi tentang sejarah Situbondo kepada para pengunjung.

Di antara foto-foto lama tersebut, terdapat foto alun-alun kota Situbondo pada zaman dahulu. Foto ini memperlihatkan suasana alun-alun yang masih sepi dan belum banyak bangunan. Ada juga foto stasiun kereta api Situbondo pada zaman dahulu. Foto ini memperlihatkan stasiun kereta api yang masih sederhana dan belum mengalami renovasi.

Selain foto-foto tentang Situbondo, terdapat juga foto-foto tentang keluarga pemilik rumah makan. Foto-foto ini memperlihatkan momen-momen kebersamaan keluarga pemilik rumah makan. Ada foto pernikahan, foto ulang tahun, dan foto-foto lainnya.

Kehadiran foto-foto lama Situbondo di dinding-dinding Rumah Makan Pemuda Situbondo membuat suasana makan menjadi lebih berkesan. Para pengunjung bisa sambil menikmati hidangan sambil melihat-lihat foto-foto tersebut. Foto-foto tersebut juga menjadi bahan obrolan antara pengunjung dengan pemilik rumah makan.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Situbondo:

Question 1: Apa saja tempat wisata yang ada di Situbondo?
Answer 1: Situbondo memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Pantai Pasir Putih, Pantai Bama, Kawah Ijen, dan Taman Nasional Baluran.

Question 2: Apa saja kuliner khas Situbondo?
Answer 2: Situbondo memiliki beberapa kuliner khas yang lezat, seperti nasi tempong, soto ayam, rawon, dan gulai kambing.

Question 3: Apa saja oleh-oleh khas Situbondo?
Answer 3: Situbondo memiliki beberapa oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang, seperti batik Situbondo, kerajinan tangan dari bambu, dan makanan khas Situbondo seperti nasi tempong instan dan sambal pecel.

Question 4: Bagaimana cara menuju ke Situbondo?
Answer 4: Situbondo dapat diakses melalui jalur darat, laut, dan udara. Jalur darat dapat ditempuh melalui jalur kereta api atau bus. Jalur laut dapat ditempuh melalui Pelabuhan Jangkar. Jalur udara dapat ditempuh melalui Bandara Notohadinegoro.

Question 5: Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Situbondo?
Answer 5: Waktu terbaik untuk berkunjung ke Situbondo adalah pada musim kemarau, yaitu antara bulan April hingga Oktober.

Question 6: Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di Situbondo?
Answer 6: Di Situbondo, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan wisata, seperti berenang, berselancar, menyelam, memancing, hiking, dan menjelajahi alam.

Question 7: Apa saja tips untuk berkunjung ke Situbondo?
Answer 7: Berikut ini adalah beberapa tips untuk berkunjung ke Situbondo:
– Gunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang kuat.
– Bawalah tabir surya, kacamata hitam, dan topi untuk melindungi diri dari sinar matahari.
– Bawalah uang tunai yang cukup karena tidak semua tempat menerima pembayaran elektronik.
– Berhati-hatilah terhadap barang bawaan Anda.
– Hormati adat dan budaya setempat.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Situbondo. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk berkunjung ke Situbondo.

Selain FAQ di atas, berikut ini adalah beberapa tips tambahan untuk Anda yang berkunjung ke Situbondo:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips praktis untuk Anda yang berkunjung ke Situbondo:

Tip 1: Gunakan transportasi umum atau sewa kendaraan.

Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan transportasi umum atau menyewa kendaraan untuk berkeliling Situbondo. Terdapat beberapa pilihan transportasi umum yang tersedia, seperti bus, kereta api, dan angkutan kota. Anda juga dapat menyewa mobil atau sepeda motor untuk menjelajahi Situbondo dengan lebih bebas.

Tip 2: Tukarkan mata uang Anda di money changer.

Mata uang yang digunakan di Indonesia adalah Rupiah (IDR). Jika Anda membawa mata uang asing, Anda dapat menukarkannya di money changer yang tersedia di Situbondo. Pastikan Anda menukar mata uang di tempat yang resmi dan terpercaya.

Tip 3: Pelajari beberapa bahasa Indonesia dasar.

Meskipun sebagian besar penduduk Situbondo dapat berbicara bahasa Inggris, namun akan sangat membantu jika Anda mempelajari beberapa bahasa Indonesia dasar. Hal ini akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan penduduk setempat dan bertanya tentang arah atau informasi lainnya.

Tip 4: Bersiaplah dengan cuaca panas.

Situbondo memiliki cuaca yang panas dan lembab. Oleh karena itu, pastikan Anda membawa pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Gunakan juga tabir surya, kacamata hitam, dan topi untuk melindungi diri dari sinar matahari.

Demikian beberapa tips praktis untuk Anda yang berkunjung ke Situbondo. Semoga tips ini bermanfaat dan membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memaksimalkan perjalanan Anda di Situbondo dan menikmati keindahan alam, budaya, dan kulinernya yang khas.

Conclusion

Situbondo adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak keindahan alam, budaya, dan kuliner yang khas. Kabupaten ini terkenal dengan Pantai Pasir Putih yang mempesona, Kawah Ijen yang menakjubkan, dan Taman Nasional Baluran yang kaya akan flora dan fauna.

Selain itu, Situbondo juga memiliki berbagai kuliner khas yang lezat, seperti nasi tempong, soto ayam, rawon, dan gulai kambing. Kabupaten ini juga terkenal dengan oleh-oleh khasnya, seperti batik Situbondo, kerajinan tangan dari bambu, dan makanan khas Situbondo seperti nasi tempong instan dan sambal pecel.

Situbondo merupakan destinasi wisata yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam, budaya, dan kuliner yang khas. Kabupaten ini menawarkan berbagai atraksi wisata yang menarik dan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan perjalanan Anda ke Situbondo dan rasakan sendiri keindahan dan keunikan kabupaten ini.


Images References :

Also Read