Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Abdoer Rahem Situbondo: Fasilitas dan Pelayanan Kesehatan Terbaik di Situbondo

Pak Budi

RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo


RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo

RSUD Dr. Abdoer Rahem adalah rumah sakit umum daerah di kota Situbondo provinsi Jawa Timur yang berperan penting dalam memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat sekitarnya. Rumah sakit ini telah memberikan pelayanan kesehatan selama lebih dari 60 tahun kepada masyarakat di Kabupaten Situbondo dan sekitarnya.

Sejarah

RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo didirikan pada tahun 1952 dengan nama Pergoedaan Rumah Sakit (PRS) Djatiroto. Dalam perkembangannya, rumah sakit ini telah mengalami beberapa kali pergantian nama, yaitu pada tahun 1956 berganti nama menjadi RSUD Dr. Soedarso, dan pada akhirnya berganti nama lagi menjadi RSUD Dr. Abdoer Rahem pada tahun 1980.

RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo adalah rumah sakit pertama yang didirikan di Kabupaten Situbondo. Awalnya, rumah sakit ini hanya dilengkapi dengan 20 tempat tidur untuk pasien. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo berkembang pesat dan kini telah memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap dan modern untuk membantu masyarakat di sekitarnya.

Saat ini, RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo memiliki 173 tempat tidur untuk pasien dengan 10 ruang operasi dan 4 ruang ICU (Intensive Care Unit). Selain itu, rumah sakit ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya, seperti laboratorium, radiologi, farmasi, dan rehabilitasi medik.

Rumah sakit ini juga memiliki tenaga medis yang terampil dan berpengalaman, termasuk dokter spesialis yang siap memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik. RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo juga memastikan bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan selalu berada pada standar yang tinggi, melalui pengadaan peralatan medis modern dan prosedur operasional standar yang ketat.

RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo juga memiliki visi untuk menjadi rumah sakit rujukan utama di Kabupaten Situbondo dan sekitarnya. Oleh karena itu, rumah sakit ini terus memperluas jaringan kerjasamanya dengan beberapa rumah sakit lain di Jawa Timur untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.

Fasilitas


Fasilitas RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo

RSUD Dr. Abdoer Rahem adalah rumah sakit pemerintah yang terletak di Jl. KH. Abdul Jalil No. 139, Kelurahan Kuripan Kecamatan Situbondo, Jawa Timur. RSUD ini memiliki beberapa fasilitas layanan kesehatan yang lengkap dan memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti pelayanan rawat jalan, rawat inap, IGD, pelayanan radiologi, laboratorium, unit gawat darurat, serta pelayanan rehabilitasi medik. Fasilitas-fasilitas ini didukung oleh tenaga medis yang berpengalaman dan handal sehingga mampu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada pasien.

Pelayanan rawat jalan RSUD Dr. Abdoer Rahem mencakup berbagai jenis konsultasi medis, dari konsultasi umum hingga spesialis, seperti dokter kulit, konsultan gizi, ahli jantung, ahli bedah, dan sebagainya. Selain itu, RSUD juga menawarkan pelayanan rawat inap untuk pasien yang membutuhkan perawatan intensif dan pemulihan jangka panjang. Pasien yang membutuhkan penanganan darurat dapat memanfaatkan layanan IGD yang telah dilengkapi dengan peralatan medis canggih dan tenaga medis yang siap 24 jam.

Pelayanan radiologi di RSUD Dr. Abdoer Rahem meliputi pemeriksaan radiografi (X-ray), USG, CT-Scan, dan MRI. Sementara itu, laboratorium RSUD ini dilengkapi dengan berbagai jenis tes laboratorium, seperti tes darah, tes urine, tes feces, tes fungsi ginjal, tes fungsi hati, dan sebagainya. RSUD juga memiliki unit gawat darurat yang dilengkapi dengan ambulance untuk memudahkan transportasi pasien yang membutuhkan penanganan cepat. Terakhir, RSUD Dr. Abdoer Rahem juga menyediakan layanan rehabilitasi medik untuk pasien yang menjalani proses pemulihan setelah perawatan medis.

Tenaga Medis


RSUD Dr. Abdoer Rahem memiliki tenaga medis yang terlatih dan berkualitas untuk menunjang pelayanan kesehatan yang diberikan. Tenaga medis ini terdiri dari dokter umum dan spesialis, perawat, apoteker, radiografer, teknisi laboratorium, dan tenaga medis lainnya yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada pasien. RSUD Dr. Abdoer Rahem juga memastikan bahwa tenaga medisnya selalu mengikuti pelatihan dan pengembangan kompetensi sehingga mampu menghadapi situasi medis yang kompleks dan memenuhi standar pelayanan kesehatan yang ditetapkan.

Pelayanan


RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo

RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo adalah rumah sakit pemerintah yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan medis dan perawatan kesehatan yang lengkap bagi pasien. Semua jenis pelayanan kesehatan tersedia di RSUD Dr. Abdoer Rahem, seperti pemeriksaan kesehatan, tindakan medis, operasi, dan perawatan rawat inap serta rawat jalan.

RSUD Dr. Abdoer Rahem memiliki tenaga medis yang handal dan berpengalaman, serta fasilitas medis yang lengkap dan modern. Pasien akan mendapatkan perawatan yang aman, nyaman, dan berkualitas di RSUD Dr. Abdoer Rahem. Selain itu, semua layanan kesehatan ditawarkan dengan harga yang terjangkau dan dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat.

Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan

RSUD Dr. Abdoer Rahem juga berperan dalam memberikan pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kesehatan, seperti pendidikan dokter baru dan pendidikan perawat. Fasilitas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang kesehatan, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan berkualitas untuk masyarakat.

Dalam program pendidikan dan pelatihan, tenaga kesehatan akan menerima pembelajaran dan pelatihan dari tenaga medis yang berkualitas dan berpengalaman. Mereka akan diajarkan tentang teknik medis, penanganan pasien, manajemen rumah sakit, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan. Selain itu, RSUD Dr. Abdoer Rahem juga memberikan kesempatan bagi tenaga kesehatan untuk mengikuti program magang, sehingga mereka dapat mendapatkan pengalaman praktis di lingkungan rumah sakit yang sesungguhnya.

Dengan adanya program pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kesehatan ini, RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas tenaga medis di Indonesia. Hal ini tentunya dapat memperbaiki sistem kesehatan nasional, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan berkualitas bagi masyarakat Indonesia.

Penghargaan


Prestasi RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo

RSUD Dr. Abdoer Rahem telah meraih beberapa penghargaan sejak awal didirikan. Salah satu penghargaan yang berhasil diraih adalah Rekor MURI untuk kategori “Pelayanan Kesehatan Bersih dan Rapih” pada tahun 2018.

Program Unggulan

RSUD Dr. Abdoer Rahem merupakan rumah sakit yang memiliki beberapa program unggulan yang diimplementasikan dalam pelayanan kesehatannya. Diantaranya adalah program “Saling Joyo” yang fokus pada pencegahan penyebaran penyakit.

Bersahabat dengan Ibu dan Anak

RSUD Dr. Abdoer Rahem juga memiliki layanan khusus yang mengutamakan kesehatan ibu dan anak. Melalui program “Bersahabat dengan Ibu dan Anak”, RSUD Dr. Abdoer Rahem berkomitmen untuk menjaga kesehatan ibu dan anak selama proses persalinan hingga pasca melahirkan. Program ini mencakup pelayanan kesehatan ibu dan bayi seperti pemeriksaan kandungan, persalinan, dan pelayanan neonatal intensif. RSUD Dr. Abdoer Rahem juga menyediakan dukungan psikologis untuk membantu ibu menghadapi perubahan emosi dan perilaku setelah melahirkan.

Pusat Pelayanan Hemodialisa

RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo memberikan pelayanan hemodialisa bagi pasien yang membutuhkan. Pelayanan ini diberikan oleh tim ahli dan terampil di bidangnya yang terus ditingkatkan oleh pelatihan dan peningkatan kualitas.

Rawat Inap Khusus

RSUD Dr. Abdoer Rahem juga menyediakan fasilitas rawat inap khusus bagi pasien dengan penyakit menular atau kemoterapi. Ruangan ini dilengkapi dengan peralatan medis modern dan dilayani oleh tenaga medis yang ahli dan terlatih. Program ini bertujuan untuk meminimalisir risiko penyebaran penyakit dan mempercepat proses pemulihan pasien.

Kerjasama

Kerjasama RSUD Dr. Abdoer Rahem

RSUD Dr. Abdoer Rahem telah menjalin berbagai kerjasama yang strategis dengan pihak-pihak terkait baik dari lembaga pemerintah maupun swasta. Melalui kerjasama ini, RSUD Dr. Abdoer Rahem berhasil meningkatkan kualitas dan standar pelayanan kesehatan yang diberikan. Beberapa kerjasama yang sudah terjalin di antaranya adalah dengan Kementerian Kesehatan RI, Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Situbondo, PT Pertamina serta Organisasi Kesejahteraan Sosial (OKS).

Lebih dari itu, RSUD Dr. Abdoer Rahem juga melakukan kerjasama dengan beberapa rumah sakit di dalam dan luar negeri, seperti RSUD Dr. Moewardi Surakarta, RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, dan RS Tung Wah Hong Kong. Hal ini dilakukan untuk memperoleh pengetahuan, teknik serta pengalaman dalam penyediaan dan pembangunan infrastruktur rumah sakit yang lebih baik.

Corporate Social Responsibility (CSR)

RSUD Dr. Abdoer Rahem juga berpartisipasi aktif dalam program Corporate Social Responsibility dengan memfasilitasi berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini mencakup kegiatan seperti donor darah, bakti sosial, pelatihan kesehatan serta kampanye kesehatan untuk masyarakat.

Melalui program CSR ini, RSUD Dr. Abdoer Rahem berupaya untuk memberikan kontribusi terbaiknya bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Adapun beberapa kegiatan CSR yang telah dilaksanakan oleh RSUD Dr. Abdoer Rahem di antaranya adalah penggalangan dan pendistribusian donasi untuk korban bencana di Sulawesi Tengah dan Lombok, bakti sosial di beberapa institusi pendidikan serta pembangunan sarana dan prasarana untuk pelayanan kesehatan masyarakat.

Kesimpulan

RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo

RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo merupakan rumah sakit umum daerah yang memberikan pelayanan kesehatan lengkap dan berkualitas dengan tenaga medis yang terlatih. Terletak di Jl. Pahlawan No.40, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, rumah sakit ini telah melayani masyarakat sejak tahun 1960. Seiring berjalannya waktu, RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanannya untuk masyarakat.

Profil

RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo memiliki kapasitas 130 tempat tidur dengan fasilitas dan pelayanan kesehatan yang meliputi unit rawat jalan, rawat inap, kamar bersalin, ICU, ICCU, dan layanan diagnostik seperti CT Scan, USG, laboratorium, farmasi, dan radiologi. RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo bekerja sama dengan BPJS, sehingga masyarakat bisa menggunakan layanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau.

Visi dan Misi

RSUD Dr. Abdoer Rahem memiliki visi menjadi rumah sakit rujukan yang terbaik dan misinya adalah memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas, aman, dan bermutu tinggi. RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo selalu berupaya meningkatkan kualitas layanan kesehatannya, salah satunya dengan mendatangkan spesialis dan terus mengirimkan tenaga medisnya untuk mengikuti pelatihan dan sertifikasi.

Pelayanan dan Fasilitas

RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo memiliki berbagai jenis pelayanan dan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat sekitar, di antaranya adalah:

  • Rawat jalan
  • Rawat inap
  • Kamar bersalin
  • ICU dan ICCU
  • Layanan diagnostik seperti CT Scan, USG, laboratorium, farmasi, dan radiologi
  • Gawat darurat 24 jam dengan ambulance
  • Ruang tunggu yang nyaman dengan Wi-Fi dan TV kabel

RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo juga menyediakan layanan vaksinasi, konseling gizi, konseling psikologi, serta pelayanan kesehatan gigi. Dalam rangka memajukan layanan kesehatan, RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo juga melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, baik instansi pemerintah maupun swasta, termasuk dengan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dan Puskesmas di sekitar Situbondo.

Tenaga Medis

RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo memiliki tenaga medis yang terlatih dan berpengalaman dalam memberikan pelayanan kesehatan. Tenaga medis di RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo meliputi:

  • Dokter spesialis
  • Dokter umum
  • Bidan
  • Perawat
  • Apoteker
  • Teknisi laboratorium, radiologi, dan USG
  • Staf administrasi

Dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga medisnya, RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo melakukan berbagai kegiatan pelatihan dan sertifikasi, seperti pelatihan neurologi, urologi, bedah umum, dan kardiologi.

Penghargaan dan Sertifikasi

RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo telah menerima beberapa penghargaan dan sertifikasi atas prestasi dan kualitas layanannya, di antaranya adalah:

  • Sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) pada tahun 2020
  • Penghargaan Pelayanan Prima Kategori Hospital Care pada ajang TOP CSR Award 2019
  • Penghargaan Good Governance dan Hibah WHO pada tahun 2015

Sertifikasi dan penghargaan yang diterima RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo membuktikan komitmen dan dedikasinya dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan aman bagi masyarakat.

Arah Perkembangan

RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo terus berupaya meningkatkan kualitas layanan kesehatannya. Beberapa arah perkembangan yang dilakukan oleh RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo, di antaranya adalah:

  • Meningkatkan pelayanan kesehatan dengan memaksimalkan teknologi dan sumber daya yang ada
  • Melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan
  • Menambah kapasitas dan fasilitas RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat
  • Mendatangkan tenaga medis yang lebih berkompeten dalam berbagai bidang keahlian

Dengan melakukan berbagai arah perkembangan tersebut, RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo berharap dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan bermutu tinggi bagi masyarakat di sekitarnya.

Also Read

Tags