Jarak Surabaya Situbondo: Panduan Lengkap Perjalanan Anda

Situbondo forecast weather pamekasan map location guide

– Jarak Surabaya Situbondo – Bersiaplah untuk perjalanan yang mengasyikkan dari Surabaya ke Situbondo, kota pesisir yang memesona di Jawa Timur. Dengan jarak tempuh yang mudah diatasi, perjalanan ini menawarkan beragam pengalaman, mulai dari pemandangan pantai yang indah hingga destinasi wisata budaya yang kaya.

Apakah Anda seorang pengemudi berpengalaman atau pelancong baru, panduan komprehensif ini akan membekali Anda dengan semua informasi penting yang Anda perlukan untuk perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan.

Informasi Jarak

Sobat, siapa yang udah gak sabar buat jalan-jalan ke Situbondo dari Surabaya? Jaraknya ternyata deket banget lho, cuma sekitar 110 kilometer atau 68 mil. Buat yang mau naik mobil, waktu tempuhnya sekitar 2-3 jam. Kalau naik motor, bisa lebih cepat sekitar 1,5-2 jam.

Yang asiknya lagi, kalau naik bus, ongkosnya cuma sekitar Rp30.000-Rp50.000 aja. Murah meriah banget kan?

Waktu Tempuh Berbagai Kendaraan

  • Mobil: 2-3 jam
  • Motor: 1,5-2 jam
  • Bus: 2,5-3,5 jam

Rute dan Jalan

Tulungagung pati mudik rute lancar jalur alternatif mulus pribadi dok

Menempuh perjalanan darat dari Surabaya ke Situbondo menawarkan petualangan yang menyenangkan melalui lanskap Jawa Timur yang memesona. Rute sepanjang 165 kilometer ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3-4 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas.

Jalan yang menghubungkan kedua kota ini umumnya dalam kondisi baik, dengan jalan tol dan jalan nasional yang mulus. Namun, penting untuk mempersiapkan diri menghadapi potensi kemacetan di beberapa titik, terutama saat akhir pekan atau musim liburan.

Jalan Tol

  • Bagi yang ingin perjalanan lebih cepat dan nyaman, pilihan jalan tol sangat disarankan.
  • Dari Surabaya, masuklah ke Jalan Tol Surabaya-Gempol lalu lanjutkan ke Jalan Tol Gempol-Pasuruan.
  • Setelah keluar dari Tol Pasuruan, ikuti jalan nasional menuju Situbondo.

Jalan Nasional

  • Bagi yang ingin menikmati perjalanan yang lebih santai dan hemat biaya, jalan nasional bisa menjadi pilihan.
  • Dari Surabaya, ambil Jalan Raya Porong menuju Sidoarjo, lalu lanjutkan ke Jalan Raya Pasuruan.
  • Setelah melewati Pasuruan, ikuti jalan nasional menuju Situbondo.

Perlu diingat bahwa jalan nasional cenderung lebih ramai dan memiliki potensi kemacetan yang lebih tinggi dibandingkan jalan tol. Namun, jalur ini menawarkan kesempatan untuk menjelajahi daerah pedesaan dan mampir di tempat-tempat menarik di sepanjang jalan.

Tempat Pemberhentian

Dalam perjalanan darat dari Surabaya ke Situbondo, terdapat beberapa tempat pemberhentian yang direkomendasikan untuk beristirahat, mengisi bahan bakar, atau sekadar menikmati pemandangan.

Berikut adalah beberapa tempat pemberhentian yang dapat Anda pertimbangkan:

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU)

  • SPBU Pertamina Rest Area Pasuruan (KM 57)
  • SPBU Shell Rest Area Probolinggo (KM 79)
  • SPBU Total Rest Area Situbondo (KM 120)

Restoran

  • Rumah Makan Lesehan Pasuruan (KM 55)
  • Warung Makan Sari Laut Probolinggo (KM 75)
  • Restoran Bebek Songkem Situbondo (KM 115)

Tempat Wisata

  • Air Terjun Madakaripura (KM 85)
  • Pantai Bentar (KM 90)
  • Taman Nasional Baluran (KM 100)

Biaya Perjalanan

- Jarak Surabaya Situbondo

Menjelajahi jalur Surabaya-Situbondo tidak perlu menguras kantong. Berbagai pilihan transportasi tersedia, masing-masing dengan pertimbangan biaya dan kenyamanan tersendiri.

Biaya Transportasi Pribadi

Jika mengendarai mobil, perhitungkan biaya bahan bakar dan tol. Estimasi biaya bahan bakar sekitar Rp 150.000-200.000 untuk perjalanan pulang pergi. Tol Surabaya-Situbondo dikenakan tarif Rp 55.000. Biaya parkir juga perlu diperhitungkan, sekitar Rp 10.000-20.000 per jam.

Biaya Transportasi Umum

Naik bus menjadi pilihan yang lebih hemat. Bus jurusan Surabaya-Situbondo beroperasi dengan tarif sekitar Rp 50.000-70.000. Waktu tempuh sekitar 3-4 jam.

Biaya Sewa Motor

Bagi yang ingin lebih fleksibel, menyewa motor bisa menjadi alternatif. Biaya sewa berkisar Rp 70.000-100.000 per hari, termasuk bahan bakar.

Tips Hemat Biaya

* Pilih waktu perjalanan di luar jam sibuk untuk menghindari kemacetan dan biaya tol yang lebih tinggi.

  • Cari promo atau diskon untuk tiket bus atau sewa motor.
  • Pertimbangkan untuk berbagi biaya dengan teman atau keluarga jika bepergian bersama.
  • Bawa bekal makanan dan minuman untuk menghemat biaya makan di perjalanan.

Tips Berkendara

Sebelum menempuh perjalanan darat dari Surabaya ke Situbondo, ada baiknya mempersiapkan diri dengan beberapa tips berkendara agar perjalanan Anda aman dan nyaman.

Persiapan Kendaraan

Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima sebelum berangkat. Periksa kondisi ban, oli mesin, dan lampu-lampu. Pastikan juga Anda membawa ban cadangan dan alat-alat darurat seperti dongkrak dan kunci roda.

Waktu Perjalanan

Untuk menghindari kemacetan dan kondisi cuaca buruk, disarankan untuk memulai perjalanan pada pagi atau sore hari. Hindari jam-jam sibuk seperti jam berangkat dan pulang kerja.

Istirahat Berkala

Istirahatlah secara berkala setiap 2-3 jam berkendara. Istirahat ini akan membantu menjaga konsentrasi dan mencegah kelelahan.

Berkendara Defensif

Selalu waspada dan berkendaralah secara defensif. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan dan perhatikan kondisi lalu lintas di sekitar Anda.

Patuhi Aturan Lalu Lintas, – Jarak Surabaya Situbondo

Patuhi semua aturan lalu lintas yang berlaku, termasuk batas kecepatan dan rambu-rambu jalan. Berkendara secara bertanggung jawab tidak hanya melindungi diri Anda sendiri, tetapi juga orang lain di jalan.

Tempat Wisata

Selama perjalanan dari Surabaya ke Situbondo, sempatkan diri untuk mampir ke tempat-tempat wisata menarik di sepanjang rute. Dari pantai yang memukau hingga candi bersejarah, ada banyak destinasi yang sayang untuk dilewatkan.

Pantai Pasir Putih Situbondo

Berlokasi tepat di Kota Situbondo, pantai ini menawarkan hamparan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Nikmati suasana santai sambil berjemur, bermain air, atau menyantap hidangan laut segar di warung-warung sekitar.

Pantai Bama

Terletak sekitar 20 km dari Situbondo, Pantai Bama menyuguhkan panorama alam yang indah. Tebing karang yang tinggi menjulang di sepanjang pantai, menciptakan pemandangan yang memukau. Anda bisa berenang, memancing, atau sekadar menikmati pemandangan laut yang menakjubkan.

Dari hiruk pikuk Surabaya, menempuh jarak sekitar 160 kilometer ke arah timur, sampailah kita di Situbondo. Di kota pesisir ini, ada kuliner khas yang menggugah selera, yaitu – Petik Laut Situbondo . Hidangan berbahan dasar ikan segar ini disajikan dengan bumbu rempah yang kaya, dijamin bikin lidah bergoyang.

Setelah puas menikmati kuliner khas, perjalanan kembali ke Surabaya pun terasa lebih ringan, sambil mengingat-ingat cita rasa – Petik Laut Situbondo yang bikin kangen.

Candi Jawi

Candi Buddha yang dibangun pada abad ke-13 ini terletak di lereng Gunung Pandan, sekitar 30 km dari Situbondo. Candi Jawi memiliki arsitektur yang unik dan menyimpan banyak relief yang menceritakan kisah kehidupan Buddha. Jelajahi reruntuhan candi dan rasakan nuansa sejarah yang kental.

Air Terjun Gentongan

Berada di kaki Gunung Argopuro, Air Terjun Gentongan menawarkan kesegaran air pegunungan yang jernih. Anda bisa berenang, menikmati kesejukan air terjun, atau sekadar bersantai di sekitar area air terjun yang asri.

Bukit Baluran

Taman Nasional Baluran yang terkenal dengan satwa liarnya memiliki sebuah bukit yang menawarkan pemandangan savana yang menakjubkan. Bukit Baluran merupakan tempat yang sempurna untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam, sembari menikmati pemandangan alam yang memukau.

Peta dan Ilustrasi: – Jarak Surabaya Situbondo

- Jarak Surabaya Situbondo

Peta perjalanan dari Surabaya ke Situbondo sangat mudah dipahami. Jalan utama yang menghubungkan kedua kota ini adalah Jalan Raya Pantura. Rute ini cukup lurus dan jelas, sehingga kamu tidak akan kesulitan menemukan jalan.

Tempat Pemberhentian

Di sepanjang perjalanan, terdapat beberapa tempat pemberhentian yang bisa kamu singgahi untuk beristirahat atau mengisi perut. Salah satu tempat pemberhentian yang populer adalah Rest Area Pasuruan. Rest area ini cukup luas dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti toilet, musala, dan warung makan.

Tempat Wisata

Selain tempat pemberhentian, di sepanjang rute Surabaya-Situbondo juga terdapat beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang paling terkenal adalah Pantai Pasir Putih Situbondo. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih, sehingga sangat cocok untuk berenang, berjemur, atau sekadar bersantai.

Jarak Surabaya Situbondo

Perjalanan dari Surabaya ke Situbondo akan menjadi petualangan yang mengasyikkan, dengan jarak sekitar 160 kilometer. Mari kita telusuri rute ini, mulai dari kota metropolitan Surabaya hingga keindahan pesisir Situbondo.

Rute dan Waktu Tempuh

Ada beberapa rute yang bisa ditempuh dari Surabaya ke Situbondo. Rute tercepat adalah melalui Jalan Tol Surabaya-Situbondo, yang memakan waktu sekitar 2 jam 30 menit. Alternatif lainnya adalah melalui Jalan Raya Pantura, yang memakan waktu sekitar 3 jam 30 menit.

Pemandangan Sepanjang Jalan

Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan yang beragam. Saat melewati Jalan Tol Surabaya-Situbondo, Anda akan melintasi persawahan dan perbukitan yang indah. Sementara melalui Jalan Raya Pantura, Anda akan menyusuri pantai utara Jawa Timur yang menawan.

Tips Perjalanan

  • Berangkatlah pagi-pagi untuk menghindari kemacetan.
  • Siapkan makanan dan minuman karena tidak banyak tempat makan di sepanjang jalan.
  • Beristirahatlah di rest area jika merasa lelah.
  • Gunakan aplikasi navigasi untuk memudahkan perjalanan.

Destinasi Wisata di Situbondo

Sesampainya di Situbondo, Anda bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata menarik, seperti:

  • Pantai Pasir Putih
  • Air Terjun Niagara
  • Bukit Kapur Asembagus
  • Museum Kendil

Kutipan dan Testimoni

Situbondo forecast weather pamekasan map location guide

Untuk meningkatkan kredibilitas konten ini, mari kita simak pengalaman dan tips dari para pelancong yang telah melakukan perjalanan antara Surabaya dan Situbondo:

Pengalaman Pelancong

  • “Perjalanan darat dari Surabaya ke Situbondo cukup nyaman dan memakan waktu sekitar 4 jam. Jalannya mulus dan pemandangannya indah.”
  • “Saya merekomendasikan berangkat pagi-pagi untuk menghindari kemacetan, terutama di sekitar Surabaya.”
  • “Ada beberapa pemberhentian istirahat yang tersedia di sepanjang jalan, jadi jangan khawatir jika perlu istirahat.”

Tips dari Pelancong

  1. Pesan tiket bus atau kereta api terlebih dahulu, terutama jika bepergian saat musim ramai.
  2. Bawa camilan dan minuman karena mungkin tidak ada banyak pilihan makanan di pemberhentian istirahat.
  3. Pertimbangkan untuk menyewa mobil jika ingin fleksibilitas dan kenyamanan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Merencanakan perjalanan dari Surabaya ke Situbondo? Siapkan dirimu dengan informasi penting ini untuk perjalanan yang lancar dan menyenangkan.

Dari jarak tempuh hingga pilihan transportasi, kami mengupas semua yang perlu kamu ketahui untuk mencapai tujuanmu dengan mudah.

Jarak Tempuh

Jarak antara Surabaya dan Situbondo sekitar 155 kilometer atau 96 mil. Perjalanan ini biasanya memakan waktu sekitar 3-4 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas.

Pilihan Transportasi

Ada beberapa pilihan transportasi yang tersedia untuk perjalanan ini:

  • Kereta Api:Kereta api adalah pilihan yang nyaman dan relatif cepat. Perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam dan harga tiket bervariasi tergantung pada kelas.
  • Bus:Bus adalah pilihan yang lebih ekonomis, tetapi perjalanan akan memakan waktu sekitar 4 jam. Tersedia bus reguler dan bus AC.
  • Mobil:Jika kamu berkendara sendiri, kamu bisa menempuh perjalanan dalam waktu sekitar 3 jam melalui jalan tol. Pastikan untuk memeriksa kondisi lalu lintas sebelum berangkat.

Tips Perjalanan

Untuk pengalaman perjalanan yang optimal, berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

  • Pesan tiket kereta api atau bus terlebih dahulu, terutama jika bepergian pada musim ramai.
  • Jika berkendara, isi penuh bahan bakar sebelum berangkat.
  • Siapkan makanan ringan dan minuman untuk perjalanan.
  • Beristirahatlah di sepanjang jalan jika merasa lelah.

Pemungkas

Setelah menjelajahi keindahan Surabaya dan Situbondo, Anda akan kembali dengan kenangan yang tak terlupakan dan pemahaman yang lebih dalam tentang budaya dan lanskap Indonesia yang beragam. Selamat berkendara dan nikmati perjalanan Anda!

Jawaban untuk Pertanyaan Umum

Apakah ada jalan tol yang menghubungkan Surabaya dan Situbondo?

Tidak, saat ini belum ada jalan tol yang menghubungkan kedua kota tersebut.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berkendara dari Surabaya ke Situbondo?

Dengan mobil, waktu tempuh sekitar 3-4 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas.

Apakah ada tempat pemberhentian yang direkomendasikan di sepanjang rute?

Ya, ada beberapa tempat pemberhentian yang direkomendasikan, seperti Rest Area Pasuruan dan SPBU Probolinggo.