Jarak Surabaya ke Situbondo: Rute Tercepat dan Harga Tiket

Pak Budi

Pengertian Jarak Surabaya Situbondo


Jarak Surabaya Situbondo

Jarak Surabaya Situbondo mengacu pada jarak antara dua kota di Jawa Timur, yaitu Surabaya dan Situbondo. Kota Surabaya merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur dan salah satu kota terbesar di Indonesia, sedangkan Situbondo merupakan kabupaten yang terletak di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Jarak Surabaya dan Situbondo dapat diakses melalui jalan raya dan merupakan rute penting dari Surabaya ke Bali dan sebaliknya.

Mengukur Jarak Surabaya Situbondo

Untuk mengukur jarak Surabaya Situbondo, tersedia beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan peta. Peta yang dapat digunakan adalah peta digital atau peta cetak yang mencantumkan posisi Surabaya dan Situbondo. Peta dapat memberikan gambaran jarak dan rute yang harus ditempuh. Namun demikian, penggunaan peta seringkali tidak praktis karena sulit dibawa atau diakses saat dalam perjalanan.

Alternatif lain untuk mengukur jarak Surabaya Situbondo adalah menggunakan GPS atau sistem navigasi. GPS memungkinkan penggunanya untuk mengetahui posisi dan jarak secara akurat. GPS juga dapat memberikan informasi mengenai rute dan estimasi waktu tiba ke destinasi. Penggunaan GPS saat ini semakin populer karena kemudahan dan ketersediaannya yang luas.

Pengaruh Jarak Surabaya Situbondo Terhadap Transportasi


Jarak Surabaya Situbondo Terhadap Transportasi

Jarak Surabaya Situbondo yang mencapai sekitar 150 km dapat mempengaruhi pilihan moda transportasi yang digunakan. Terlebih lagi, kondisi jalan dan infrastruktur yang ada akan semakin memengaruhi penggunaan moda transportasi tersebut.

Moda Transportasi yang Tersedia

Moda transportasi yang tersedia untuk menempuh jarak Surabaya Situbondo antara lain bus, mobil pribadi, dan kereta api.

Untuk moda transportasi bus, terdapat beberapa jenis bus yang bisa dipilih seperti bus regular, bisnis, dan executive. Bus regular lebih sering berhenti dan melalui rute yang lebih banyak dibandingkan dengan bus bisnis dan executive. Bus bisnis memiliki fasilitas yang lebih baik dibandingkan dengan bus regular, seperti AC dan kursi yang lebih lebar. Sedangkan bus executive memiliki fasilitas yang terbaik dan biasanya hanya berhenti di beberapa titik tertentu saja.

Moda transportasi selanjutnya adalah mobil pribadi. Untuk menggunakan mobil pribadi, pengemudi harus memperhatikan kondisi jalan. Sebab, beberapa ruas jalan mengalami kerusakan atau jalannya sempit sehingga perlu lebih berhati-hati. Akan tetapi, menggunakan mobil pribadi memungkinkan untuk melakukan perjalanan dengan leluasa dan lebih fleksibel dalam menentukan waktu keberangkatan.

Terakhir adalah kereta api. Kepadatan moda transportasi ini tentu berbeda dengan menggunakan bus dan mobil pribadi. Karena penumpang tidak bisa memilih waktu keberangkatan yang berbeda-beda, karena sudah ada jadwal yang ditetapkan. Meskipun begitu, kereta api memiliki fasilitas yang lebih dari cukup dan nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Pengaruh Kondisi Jalan Terhadap Pilihan Moda Transportasi

Kondisi jalan dapat memengaruhi pilihan moda transportasi yang digunakan. Sebab, tidak semua moda transportasi bisa melewati semua jenis jalan. Seperti misalnya, jalan yang berliku dan banyak tikungan yang menjadi ciri khas di sepanjang perjalanan Situbondo menuju Banyuwangi ini, seringkali tidak dapat dilalui oleh bus besar. Sebaliknya, mobil pribadi dan sepeda motor lebih sering digunakan karena sarana transportasi ini lebih fleksibel dalam menyesuaikan medan yang berubah-ubah.

Pada rute Surabaya – Situbondo ini, kondisi jalan juga dapat mempengaruhi kecepatan perjalanan. Sejumlah jalan menuju Situbondo masih berupa jalan raya dengan permukaan yang tidak rata. Tentu saja, keadaan ini akan membuat kecepatan kendaraan menjadi lebih lambat dan lebih banyak menghabiskan waktu.

Kesimpulannya, jarak Surabaya Situbondo memang dapat mempengaruhi pilihan moda transportasi yang digunakan. Namun, terlepas dari pilihan moda transportasi mana yang dipilih, pengemudi harus lebih memperhatikan kondisi jalan agar perjalanannya lebih aman dan nyaman.

Kondisi Jalan Surabaya Situbondo


Jarak Surabaya Situbondo

Jarak antara Surabaya dan Situbondo sekitar 170 km. Namun, kondisi jalan yang ada di daerah ini sangat berpengaruh terhadap waktu tempuh. Oleh karena itu, penting bagi wisatawan atau pengendara yang ingin melewati rute ini untuk mengetahui kondisi jalan terbaru agar bisa membuat perencanaan perjalanan yang matang.

Jalan Raya dan Jalan Alternatif

Jalan raya utama yang menghubungkan Surabaya dan Situbondo adalah Jalan Raya Pantura. Jalan ini melintasi beberapa kota seperti Pasuruan, Probolinggo, dan Banyuwangi. Namun, untuk mencapai Situbondo dari Surabaya, juga bisa melalui Jalan Tol Trans Jawa hingga Keluar Tol Pasuruan atau Probolinggo.

Selain itu, terdapat beberapa jalan alternatif yang bisa dipilih, tergantung dari kota asal dan tujuan. Misalnya, bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Taman Nasional Baluran dan Bama Beach, bisa memilih rute melalui Banyuwangi – Rogojampi – Glenmore – Kalibaru – Tembokrejo. Rute ini cukup menantang dengan jalan yang berkelok-kelok, namun wisatawan akan disuguhi dengan panorama alam yang sangat indah.

Sedarah, bagi yang ingin menghindari Jalur Pantura, kita bisa memilih jalur Jalan Raya Jember-Bondowoso-Situbondo yang memiliki kondisi jalan cukup baik. Selain itu kita juga akan disuguhkan keindahan alam yang memesona. Namun untuk mencapai jalur ini kita harus menempuh perjalanan yang lebih jauh dan harus melintasi beberapa pegunungan serta tambak udang.

Waktu Tempuh Surabaya Situbondo


Jarak Surabaya Situbondo

Jarak antara Surabaya dan Situbondo adalah sekitar 200 kilometer dan waktu yang dibutuhkan untuk menempuhnya bervariasi tergantung pada moda transportasi yang digunakan.

Waktu Tempuh dengan Bus

Waktu tempuh dengan bus antara Surabaya dan Situbondo dapat mencapai 4-5 jam tergantung pada kepadatan lalu lintas. Para penumpang akan melalui rute jalan tol Surabaya-Gempol sepanjang 74,3 km terlebih dahulu, kemudian melalui Jalan Raya Pantura yang melintasi beberapa kota seperti Pasuruan, Probolinggo, dan Situbondo. Para penumpang bisa menikmati pemandangan indah yang disajikan selama perjalanan. Sebelum tiba di Situbondo, para penumpang akan melewati berbagai pemandangan indah seperti pantai, perkebunan kelapa, dan juga lahan pertanian. Selain itu, bus juga sering melakukan beberapa kali perhentian selama perjalanan untuk memenuhi kebutuhan para penumpang.

Waktu Tempuh dengan Mobil/Angkutan Pribadi

Waktu tempuh dengan mobil/angkutan pribadi antara Surabaya dan Situbondo bisa lebih cepat dibandingkan dengan bus karena tidak perlu menunggu penumpang lain dan bisa langsung berangkat pada waktu yang diinginkan. Namun, waktu tempuhnya juga dipengaruhi oleh kepadatan lalu lintas dan kondisi jalan yang dilalui. Rute yang harus dilalui adalah rute yang sama dengan bus yaitu melalui jalan tol Surabaya-Gempol dan kemudian melalui Jalan Raya Pantura.

Waktu Tempuh dengan Kereta Api

Saat ini, belum terdapat jalur kereta api langsung yang menghubungkan Surabaya dan Situbondo, sehingga tidak mungkin untuk menempuh jarak ini dengan kereta api. Namun, para penumpang bisa memilih untuk naik kereta api ke stasiun terdekat dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan bus atau mobil pribadi.

Biaya Transportasi


Transportasi

Transportasi menjadi salah satu hal yang perlu dipersiapkan ketika hendak pergi dari Surabaya ke Situbondo, baik untuk keperluan wisata maupun bisnis. Berbagai moda transportasi tersedia dan setiap moda transportasi pasti memerlukan biaya yang berbeda. Berikut ini informasi tentang biaya transportasi jarak Surabaya dan Situbondo.

Biaya Transportasi dengan Kereta Api

Kereta api merupakan salah satu pilihan transportasi yang dapat digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Biaya transportasi dengan kereta api dari Surabaya ke Situbondo cukup terjangkau, berkisar antara 50 ribu hingga 100 ribu rupiah. Harga tiket kereta api juga dipengaruhi oleh waktu keberangkatan, jenis gerbong dan kelas yang dipilih. Ada empat stasiun kereta api yang dapat dijadikan tempat naik dan turun di rute Surabaya dan Situbondo, yaitu Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Waru, Stasiun Sidoarjo, dan Stasiun Bangil. Waktu yang diperlukan untuk menempuh perjalanan dengan kereta api antara Surabaya dan Situbondo biasanya sekitar 4-5 jam.

Biaya Transportasi dengan Bus

Jika Anda ingin merasakan naik bus dalam perjalanan ke Situbondo dari Surabaya, biaya yang diperlukan berkisar antara 50 ribu hingga 100 ribu rupiah. Jika ingin mendapatkan tempat duduk yang nyaman dan fasilitas yang lebih lengkap, alangkah baiknya memilih bus kelas eksekutif. Namun jika Anda ingin menghemat biaya transportasi, Anda dapat memilih bus kelas ekonomi yang juga terdapat banyak di kota Surabaya.

Biaya Transportasi dengan Mobil Pribadi

Bagi Anda yang ingin pergi ke Situbondo dengan mobil pribadi, biaya yang diperlukan akan lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan kereta api atau bus. Biaya tersebut meliputi biaya bahan bakar, parkir, dan tol. Perjalanan dengan mobil pribadi dari Surabaya ke Situbondo memerlukan waktu sekitar 3-4 jam tergantung dari kecepatan perjalanan dan kondisi lalu lintas.

Biaya Transportasi dengan Taksi Online

Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang ini terdapat banyak layanan taksi online yang dapat digunakan untuk perjalanan ke Situbondo dari Surabaya. Biaya yang diperlukan untuk taksi online ini cukup terjangkau, antara 200 ribu hingga 400 ribu rupiah, tergantung pada provider yang dipilih. Namun perlu diingat bahwa biaya dapat berbeda tergantung pada waktu keberangkatan oleh karena naiknya tarif pada peak time.

Biaya Transportasi dengan Ojek Online

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berkendara dengan motor dan ingin menghemat biaya transportasi, menggunakan ojek online bisa menjadi pilihan yang tepat. Biaya yang diperlukan untuk perjalanan dari Surabaya ke Situbondo dengan ojek online sekitar 150 ribu hingga 200 ribu rupiah. Tidak hanya itu, perjalanan dengan ojek online juga memungkinkan Anda untuk melihat pemandangan sepanjang perjalanan yang indah.

Wisata Sejarah di Surabaya

Monumen Kapal Selam Surabaya

Kota Surabaya terkenal dengan sejarahnya yang kaya. Monumen Kapal Selam menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang wajib dikunjungi. Di tempat ini, pengunjung bisa melihat kapal selam KRI Pasopati-410 yang pernah digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut pada era Perang Dingin. Ada juga pameran yang menunjukkan teknologi dan perlengkapan yang digunakan selama operasi kapal selam.

Museum Mpu Tantular adalah salah satu museum yang berisikan koleksi barang seni dan budaya Indonesia. Museum ini juga menampilkan model tradisional rumah adat dan alat musik khas Jawa Timur. Di samping itu, pengunjung juga bisa menikmati tarian tradisional dan belajar mengenai makanan dan minuman khas daerah sekitar.

Wisata Alam di Situbondo

Air terjun Jagir adalah salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di Situbondo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan pengunjung bisa menikmati pemandangan hijau yang indah dari atas air terjun. Di sekitar air terjun Jagir juga terdapat fasilitas seperti tempat parkir, kios makanan, dan kamar mandi.

Pantai Watu Ulo adalah salah satu pantai yang terkenal di Situbondo. Pantai ini memiliki batu besar di tengah laut yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki sekitar 400 meter dari bibir pantai. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indah dari puncak bukit yang berada di samping pantai.

Keseluruhan keindahan wisata alam di Surabaya dan Situbondo membuat destinasi wisata ini menjadi salah satu tempat yang sangat cocok untuk bersantai dan menikmati liburan bersama keluarga atau teman-teman. Jangan sampai ketinggalan saat berkunjung ke daerah ini!

Also Read

Tags