Hotel Panarukan Situbondo, Penginapan yang Bersejarah di Jawa Timur

Pak Budi

hotel panarukan situbondo
hotel panarukan situbondo

Hotel Panarukan Situbondo, Penginapan yang Bersejarah di Jawa Timur

Hotel Panarukan Situbondo merupakan salah satu hotel bersejarah yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Hotel ini didirikan pada tahun 1913 oleh seorang pengusaha Belanda bernama J.W. Van Gorkom. Hotel ini awalnya bernama Hotel Juliana, tetapi kemudian diubah menjadi Hotel Panarukan pada tahun 1950.

Hotel Panarukan Situbondo memiliki arsitektur yang khas dengan perpaduan gaya Belanda dan Jawa. Hotel ini memiliki kamar-kamar yang luas dan nyaman, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern. Selain itu, Hotel Panarukan Situbondo juga memiliki restoran, kolam renang, dan pusat kebugaran.

Hotel Panarukan Situbondo merupakan pilihan yang tepat bagi wisatawan yang ingin menginap di tempat yang bersejarah dan nyaman. Hotel ini terletak di pusat kota Situbondo, sehingga mudah untuk mengakses berbagai tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Selain itu, Hotel Panarukan Situbondo juga menawarkan harga yang terjangkau, sehingga menjadikannya pilihan yang tepat bagi wisatawan dengan anggaran terbatas.

hotel panarukan situbondo

Hotel bersejarah di Jawa Timur

  • Dibangun tahun 1913
  • Arsitektur Belanda dan Jawa
  • Kamar luas dan nyaman
  • Fasilitas modern
  • Restoran, kolam renang, pusat kebugaran
  • Lokasi pusat kota Situbondo
  • Dekat tempat wisata dan pusat perbelanjaan
  • Harga terjangkau
  • Pilihan tepat untuk wisatawan
  • Menginap nyaman di tempat bersejarah

Hotel Panarukan Situbondo merupakan pilihan yang tepat bagi wisatawan yang ingin menginap di tempat yang bersejarah dan nyaman. Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas modern dan lokasi yang strategis, sehingga menjadikannya pilihan yang tepat bagi wisatawan dengan berbagai kebutuhan.

Dibangun tahun 1913

Hotel Panarukan Situbondo dibangun pada tahun 1913 oleh seorang pengusaha Belanda bernama J.W. Van Gorkom. Awalnya, hotel ini bernama Hotel Juliana, diambil dari nama putri mahkota Belanda saat itu, Juliana. Hotel ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang datang ke Situbondo, yang saat itu merupakan salah satu kota penting di Jawa Timur.

Hotel Juliana awalnya hanya memiliki 12 kamar. Namun, seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang datang ke Situbondo, hotel ini kemudian diperluas menjadi 50 kamar. Hotel Juliana juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern pada saat itu, seperti listrik, telepon, dan air panas.

Pada tahun 1950, setelah Indonesia merdeka, Hotel Juliana diambil alih oleh pemerintah Indonesia dan namanya diubah menjadi Hotel Panarukan. Hotel ini kemudian menjadi salah satu hotel milik negara yang dikelola oleh PT Hotel Indonesia Natour (HIN).

Pada tahun 1990-an, Hotel Panarukan Situbondo direnovasi secara besar-besaran. Jumlah kamar hotel ditambah menjadi 100 kamar, dan berbagai fasilitas baru ditambahkan, seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan restoran.

Saat ini, Hotel Panarukan Situbondo merupakan salah satu hotel bersejarah yang paling terkenal di Jawa Timur. Hotel ini telah menjadi saksi bisu berbagai peristiwa penting dalam sejarah Indonesia, termasuk Konferensi Asia-Afrika yang diadakan di Bandung pada tahun 1955.

Arsitektur Belanda dan Jawa

Hotel Panarukan Situbondo memiliki arsitektur yang khas dengan perpaduan gaya Belanda dan Jawa. Perpaduan kedua gaya arsitektur ini terlihat jelas dari bentuk bangunan hotel, pemilihan warna, dan penggunaan ornamen.

  • Gaya Belanda

    Gaya Belanda terlihat jelas dari bentuk bangunan hotel yang simetris dan kokoh. Hotel ini memiliki dua lantai dengan atap berbentuk pelana. Jendela-jendela hotel juga memiliki bentuk yang khas Belanda, yaitu tinggi dan sempit.

  • Gaya Jawa

    Gaya Jawa terlihat dari penggunaan ornamen-ornamen tradisional Jawa pada bangunan hotel. Ornamen-ornamen tersebut dapat ditemukan di berbagai bagian hotel, seperti ukiran kayu pada pintu dan jendela, serta lukisan-lukisan tradisional Jawa di dinding.

  • Perpaduan gaya

    Perpaduan gaya Belanda dan Jawa terlihat jelas dari penggunaan warna pada bangunan hotel. Warna putih yang khas Belanda dipadukan dengan warna-warna cerah yang khas Jawa, seperti hijau, kuning, dan merah. Perpaduan warna ini membuat bangunan hotel terlihat lebih menarik dan unik.

  • Hasil perpaduan

    Perpaduan gaya Belanda dan Jawa pada arsitektur Hotel Panarukan Situbondo menghasilkan sebuah bangunan yang unik dan bersejarah. Hotel ini menjadi saksi bisu pertemuan dua budaya yang berbeda, yaitu budaya Belanda dan budaya Jawa.

Arsitektur Hotel Panarukan Situbondo tidak hanya unik, tetapi juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Hotel ini merupakan salah satu contoh bangunan bersejarah yang masih terawat dengan baik di Indonesia. Hotel Panarukan Situbondo menjadi bukti perpaduan dua budaya yang berbeda, yaitu budaya Belanda dan budaya Jawa.

Kamar luas dan nyaman

Hotel Panarukan Situbondo memiliki 100 kamar yang luas dan nyaman. Kamar-kamar hotel ini tersedia dalam berbagai tipe, mulai dari kamar standard hingga kamar suite. Semua kamar dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, seperti AC, TV, kulkas, dan akses internet.

Kamar standard di Hotel Panarukan Situbondo memiliki luas sekitar 25 meter persegi. Kamar ini dilengkapi dengan satu tempat tidur double atau dua tempat tidur single. Kamar standard juga memiliki kamar mandi pribadi dengan shower dan bathtub.

Kamar superior di Hotel Panarukan Situbondo memiliki luas sekitar 30 meter persegi. Kamar ini dilengkapi dengan satu tempat tidur king atau dua tempat tidur single. Kamar superior juga memiliki kamar mandi pribadi dengan shower dan bathtub, serta balkon pribadi.

Kamar suite di Hotel Panarukan Situbondo memiliki luas sekitar 50 meter persegi. Kamar ini dilengkapi dengan satu tempat tidur king dan ruang tamu terpisah. Kamar suite juga memiliki kamar mandi pribadi dengan shower dan bathtub, serta balkon pribadi.

Semua kamar di Hotel Panarukan Situbondo dirancang dengan gaya yang elegan dan modern. Kamar-kamar hotel ini juga sangat bersih dan terawat dengan baik. Hotel Panarukan Situbondo memastikan bahwa para tamu merasa nyaman dan betah selama menginap di hotel ini.

Kamar-kamar yang luas dan nyaman di Hotel Panarukan Situbondo menjadikannya pilihan yang tepat bagi wisatawan yang mencari tempat menginap yang nyaman dan berkualitas selama berada di Situbondo.

Fasilitas modern

Hotel Panarukan Situbondo dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern yang dapat membuat para tamu merasa nyaman dan betah selama menginap di hotel ini. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain:

  • Akses internet

    Hotel Panarukan Situbondo menyediakan akses internet gratis bagi para tamu. Akses internet tersedia di semua kamar hotel dan area publik hotel.

  • Kolam renang

    Hotel Panarukan Situbondo memiliki kolam renang outdoor yang cukup besar. Kolam renang ini dapat digunakan oleh para tamu untuk berenang, bermain air, atau sekadar bersantai.

  • Pusat kebugaran

    Hotel Panarukan Situbondo juga memiliki pusat kebugaran yang lengkap. Pusat kebugaran ini dilengkapi dengan berbagai peralatan olahraga, seperti treadmill, sepeda statis, dan beban. Para tamu dapat menggunakan pusat kebugaran ini untuk berolahraga dan menjaga kesehatan selama menginap di hotel.

  • Restoran

    Hotel Panarukan Situbondo memiliki restoran yang menyajikan berbagai macam hidangan, mulai dari masakan Indonesia hingga masakan internasional. Restoran ini buka untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

  • Bar

    Hotel Panarukan Situbondo juga memiliki bar yang menyajikan berbagai macam minuman, mulai dari minuman ringan hingga minuman beralkohol. Bar ini buka hingga larut malam.

  • Ruang pertemuan

    Hotel Panarukan Situbondo memiliki beberapa ruang pertemuan yang dapat digunakan untuk berbagai acara, seperti rapat, konferensi, dan pernikahan. Ruang pertemuan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti proyektor, layar, dan sound system.

Dengan berbagai fasilitas modern yang tersedia, Hotel Panarukan Situbondo menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan yang mencari tempat menginap yang nyaman dan berkualitas selama berada di Situbondo.

Restoran, kolam renang, pusat kebugaran

Hotel Panarukan Situbondo memiliki restoran, kolam renang, dan pusat kebugaran yang dapat digunakan oleh para tamu untuk bersantai dan menjaga kesehatan selama menginap di hotel ini.

Restoran

Restoran Hotel Panarukan Situbondo menyajikan berbagai macam hidangan, mulai dari masakan Indonesia hingga masakan internasional. Restoran ini buka untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Para tamu dapat menikmati hidangan lezat sambil menikmati pemandangan kolam renang.

Kolam renang

Hotel Panarukan Situbondo memiliki kolam renang outdoor yang cukup besar. Kolam renang ini dapat digunakan oleh para tamu untuk berenang, bermain air, atau sekadar bersantai. Kolam renang ini dikelilingi oleh taman yang rindang, sehingga para tamu dapat menikmati suasana yang sejuk dan asri.

Pusat kebugaran

Hotel Panarukan Situbondo juga memiliki pusat kebugaran yang lengkap. Pusat kebugaran ini dilengkapi dengan berbagai peralatan olahraga, seperti treadmill, sepeda statis, dan beban. Para tamu dapat menggunakan pusat kebugaran ini untuk berolahraga dan menjaga kesehatan selama menginap di hotel.

Dengan adanya restoran, kolam renang, dan pusat kebugaran, Hotel Panarukan Situbondo menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan yang mencari tempat menginap yang nyaman dan berkualitas selama berada di Situbondo.

Lokasi pusat kota Situbondo

Hotel Panarukan Situbondo terletak di pusat kota Situbondo, sehingga sangat mudah untuk mengakses berbagai tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Hotel ini berada di Jalan Adipati Arya Wiraraja No. 1, Situbondo. Dari hotel, para tamu dapat berjalan kaki ke alun-alun kota Situbondo, yang merupakan pusat keramaian kota. Di alun-alun kota, para tamu dapat menemukan berbagai macam pedagang kaki lima yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Selain itu, Hotel Panarukan Situbondo juga dekat dengan berbagai tempat wisata lainnya di Situbondo, seperti Pantai Pasir Putih, Pantai Banongan, dan Taman Nasional Baluran. Para tamu dapat dengan mudah mencapai tempat-tempat wisata tersebut menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Lokasi Hotel Panarukan Situbondo yang strategis di pusat kota membuat hotel ini menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan yang ingin menginap di tempat yang dekat dengan berbagai tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Para tamu dapat dengan mudah menjelajahi kota Situbondo dan sekitarnya selama menginap di hotel ini.

Dengan lokasinya yang strategis di pusat kota Situbondo, Hotel Panarukan Situbondo menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan yang mencari tempat menginap yang nyaman dan mudah diakses.

Dekat tempat wisata dan pusat perbelanjaan

Hotel Panarukan Situbondo terletak di pusat kota Situbondo, sehingga sangat dekat dengan berbagai tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Berikut adalah beberapa tempat wisata dan pusat perbelanjaan yang berada di dekat Hotel Panarukan Situbondo:

  • Tempat wisata
  • Alun-alun kota Situbondo (5 menit berjalan kaki)
  • Pantai Pasir Putih (10 menit berkendara)
  • Pantai Banongan (15 menit berkendara)
  • Taman Nasional Baluran (45 menit berkendara)
  • Pusat perbelanjaan
  • Pasar Situbondo (5 menit berjalan kaki)
  • Situbondo Plaza (10 menit berjalan kaki)
  • Ruko-ruko di sepanjang Jalan Adipati Arya Wiraraja (5 menit berjalan kaki)

Dengan lokasinya yang dekat dengan berbagai tempat wisata dan pusat perbelanjaan, Hotel Panarukan Situbondo menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan yang ingin menginap di tempat yang strategis dan mudah untuk mengakses berbagai tempat.

Para tamu dapat dengan mudah menjelajahi kota Situbondo dan sekitarnya selama menginap di Hotel Panarukan Situbondo.

Harga terjangkau

Hotel Panarukan Situbondo menawarkan harga yang terjangkau bagi para tamunya. Harga kamar di hotel ini berkisar antara Rp200.000 hingga Rp500.000 per malam. Harga tersebut sudah termasuk sarapan pagi dan akses internet gratis.

Dengan harga yang terjangkau tersebut, Hotel Panarukan Situbondo menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan yang mencari tempat menginap yang nyaman dan berkualitas dengan harga yang terjangkau. Hotel ini sangat cocok bagi wisatawan dengan anggaran terbatas.

Selain itu, Hotel Panarukan Situbondo juga sering menawarkan promo dan diskon bagi para tamunya. Para tamu dapat memantau informasi tentang promo dan diskon tersebut di situs web resmi hotel atau melalui media sosial hotel.

Dengan harga yang terjangkau dan berbagai promo dan diskon yang ditawarkan, Hotel Panarukan Situbondo menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan yang mencari tempat menginap yang nyaman dan berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Pilihan tepat untuk wisatawan

Hotel Panarukan Situbondo merupakan pilihan yang tepat untuk wisatawan yang mencari tempat menginap yang nyaman dan berkualitas selama berada di Situbondo. Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas dan layanan yang lengkap, serta lokasi yang strategis di pusat kota Situbondo.

  • Kamar yang nyaman dan luas

    Hotel Panarukan Situbondo memiliki 100 kamar yang luas dan nyaman. Kamar-kamar hotel ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, seperti AC, TV, kulkas, dan akses internet.

  • Fasilitas lengkap

    Hotel Panarukan Situbondo dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap, seperti restoran, kolam renang, pusat kebugaran, dan ruang pertemuan. Fasilitas-fasilitas tersebut dapat digunakan oleh para tamu untuk bersantai, berolahraga, atau mengadakan acara.

  • Lokasi strategis

    Hotel Panarukan Situbondo terletak di pusat kota Situbondo, sehingga sangat mudah untuk mengakses berbagai tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Para tamu dapat dengan mudah menjelajahi kota Situbondo dan sekitarnya selama menginap di hotel ini.

  • Harga terjangkau

    Hotel Panarukan Situbondo menawarkan harga yang terjangkau bagi para tamunya. Harga kamar di hotel ini berkisar antara Rp200.000 hingga Rp500.000 per malam. Dengan harga yang terjangkau tersebut, Hotel Panarukan Situbondo menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan dengan anggaran terbatas.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, Hotel Panarukan Situbondo menjadi pilihan yang tepat untuk wisatawan yang mencari tempat menginap yang nyaman, berkualitas, dan terjangkau selama berada di Situbondo.

Menginap nyaman di tempat bersejarah

Hotel Panarukan Situbondo merupakan salah satu hotel bersejarah yang ada di Indonesia. Hotel ini dibangun pada tahun 1913 oleh seorang pengusaha Belanda bernama J.W. Van Gorkom. Hotel Panarukan Situbondo awalnya bernama Hotel Juliana, diambil dari nama putri mahkota Belanda saat itu, Juliana.

  • Arsitektur yang unik

    Hotel Panarukan Situbondo memiliki arsitektur yang unik dengan perpaduan gaya Belanda dan Jawa. Perpaduan kedua gaya arsitektur ini terlihat jelas dari bentuk bangunan hotel, penggunaan warna, dan ornamen-ornamen yang digunakan.

  • Kamar yang nyaman

    Hotel Panarukan Situbondo memiliki 100 kamar yang luas dan nyaman. Kamar-kamar hotel ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, seperti AC, TV, kulkas, dan akses internet.

  • Fasilitas lengkap

    Hotel Panarukan Situbondo dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap, seperti restoran, kolam renang, pusat kebugaran, dan ruang pertemuan. Fasilitas-fasilitas tersebut dapat digunakan oleh para tamu untuk bersantai, berolahraga, atau menyelenggarakan acara.

  • Lokasi yang bersejarah

    Hotel Panarukan Situbondo terletak di pusat kota Situbondo, yang merupakan salah satu kota bersejarah di Indonesia. Di sekitar hotel terdapat berbagai bangunan bersejarah lainnya, seperti alun-alun kota Situbondo dan Masjid Agung Situbondo.

Dengan menginap di Hotel Panarukan Situbondo, para tamu tidak hanya mendapatkan kenyamanan dan kualitas, tetapi juga dapat merasakan suasana sejarah yang kental. Hotel ini menjadi saksi bisu perjalanan sejarah kota Situbondo dan Indonesia.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Situbondo:

Pertanyaan 1: Apa saja tempat wisata yang ada di Situbondo?

Jawaban 1: Situbondo memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, antara lain Pantai Pasir Putih, Pantai Banongan, Taman Nasional Baluran, Kawah Ijen, dan Gunung Argopuro.

Pertanyaan 2: Apa saja kuliner khas Situbondo?

Jawaban 2: Situbondo memiliki beberapa kuliner khas yang wajib dicoba, antara lain Nasi Gandul, Sate Lilit, dan Rujak Cingur.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara menuju Situbondo?

Jawaban 3: Situbondo dapat ditempuh melalui jalur darat, laut, dan udara. Jalur darat dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jalur laut dapat ditempuh menggunakan kapal ferry dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Jalur udara dapat ditempuh menggunakan pesawat terbang dari Bandara Juanda, Surabaya.

Pertanyaan 4: Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Situbondo?

Jawaban 4: Waktu terbaik untuk berkunjung ke Situbondo adalah pada musim kemarau, yaitu antara bulan April hingga September. Pada musim ini, cuaca cerah dan tidak hujan, sehingga cocok untuk melakukan berbagai aktivitas wisata.

Pertanyaan 5: Apa saja oleh-oleh khas Situbondo?

Jawaban 5: Situbondo memiliki beberapa oleh-oleh khas yang dapat dibawa pulang, antara lain Batik Situbondo, Keripik Tempe, dan Kopi Awar-awar.

Pertanyaan 6: Apa saja hotel yang bagus di Situbondo?

Jawaban 6: Situbondo memiliki beberapa hotel yang bagus untuk menginap, antara lain Hotel Panarukan Situbondo, Hotel Pelangi, dan Hotel Mahkota.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Situbondo. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk berkunjung ke Situbondo.

Selain informasi di atas, berikut adalah beberapa tips tambahan untuk membuat perjalanan Anda ke Situbondo lebih menyenangkan:

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat perjalanan Anda ke Situbondo lebih menyenangkan:

1. Rencanakan perjalanan Anda dengan baik.

Sebelum berangkat ke Situbondo, sebaiknya Anda merencanakan perjalanan dengan baik. Tentukan tempat-tempat wisata yang ingin Anda kunjungi, kuliner khas yang ingin Anda coba, dan oleh-oleh yang ingin Anda beli. Dengan perencanaan yang baik, Anda dapat memanfaatkan waktu liburan Anda sebaik-baiknya.

2. Bawalah pakaian yang sesuai.

Situbondo memiliki cuaca yang cukup panas, terutama pada siang hari. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membawa pakaian yang ringan dan menyerap keringat. Selain itu, jangan lupa untuk membawa topi dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari.

3. Cobalah kuliner khas Situbondo.

Situbondo memiliki beberapa kuliner khas yang wajib dicoba, antara lain Nasi Gandul, Sate Lilit, dan Rujak Cingur. Anda dapat menemukan kuliner-kuliner tersebut di warung-warung makan atau restoran-restoran di Situbondo.

4. Jangan lupa membawa oleh-oleh.

Situbondo memiliki beberapa oleh-oleh khas yang dapat dibawa pulang, antara lain Batik Situbondo, Keripik Tempe, dan Kopi Awar-awar. Anda dapat membeli oleh-oleh tersebut di toko-toko oleh-oleh atau pusat perbelanjaan di Situbondo.

Demikian beberapa tips untuk membuat perjalanan Anda ke Situbondo lebih menyenangkan. Semoga tips-tips ini bermanfaat bagi Anda.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menikmati perjalanan liburan Anda di Situbondo dengan lebih nyaman dan menyenangkan.

Conclusion

Situbondo adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak potensi wisata. Kabupaten ini memiliki beberapa tempat wisata menarik, seperti Pantai Pasir Putih, Pantai Banongan, Taman Nasional Baluran, Kawah Ijen, dan Gunung Argopuro. Selain itu, Situbondo juga memiliki beberapa kuliner khas yang wajib dicoba, seperti Nasi Gandul, Sate Lilit, dan Rujak Cingur.

Untuk menuju Situbondo, Anda dapat menggunakan jalur darat, laut, dan udara. Jalur darat dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jalur laut dapat ditempuh menggunakan kapal ferry dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Jalur udara dapat ditempuh menggunakan pesawat terbang dari Bandara Juanda, Surabaya.

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke Situbondo, sebaiknya Anda merencanakan perjalanan dengan baik. Tentukan tempat-tempat wisata yang ingin Anda kunjungi, kuliner khas yang ingin Anda coba, dan oleh-oleh yang ingin Anda beli. Dengan perencanaan yang baik, Anda dapat memanfaatkan waktu liburan Anda sebaik-baiknya.

Jangan lupa untuk membawa pakaian yang sesuai, karena cuaca di Situbondo cukup panas. Bawalah juga topi dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari.

Demikian informasi tentang Situbondo. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk berkunjung ke Situbondo. Selamat berlibur!


Images References :

Also Read