cara perbaiki aki soak

Pak Budi

Sobat Raita, aki mobil adalah salah satu komponen penting yang menentukan kinerja mobil kita. Namun, seringkali kita menghadapi masalah aki basah yang sudah lemah atau soak. Jangan khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas cara-cara efektif untuk memperbaiki aki soak agar mobil kita tetap siap melaju.

Aki soak biasanya terjadi karena beberapa faktor, seperti jarangnya mobil digunakan, air aki yang habis dan dibiarkan, penggunaan aksesoris mobil secara berlebihan, atau penggunaan mobil dengan intensitas tinggi. Dalam mengatasi masalah ini, langkah yang tepat diperlukan agar aki kita dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama.

1. Memperbaiki Aki Soak atau Aki Lemah

1.1. Persiapan dan Peralatan yang Diperlukan

Sebelum memulai perbaikan, kita perlu menyiapkan beberapa peralatan yang diperlukan, antara lain:

  • Sepasang sarung tangan karet
  • Tali kawat atau kabel jumper
  • Air suling
  • Sikat aki
  • Handuk kering

Setelah peralatan siap, segera lakukan langkah-langkah berikut untuk memperbaiki aki soak atau lemah.

1.2. Melepas Aki

Pertama-tama, pastikan mesin mobil dalam kondisi mati dan kunci kontak sudah dalam posisi off. Gunakan sepasang sarung tangan karet untuk melindungi tangan dari bahan kimia pada aki. Lepaskan kabel negatif terlebih dahulu, diikuti dengan melepas kabel positif. Pastikan kabel-kabel tersebut tidak terhubung kembali ke aki selama proses perbaikan.

1.3. Membersihkan Aki

Gunakan sikat aki untuk membersihkan aki dari kotoran dan korosi yang menempel. Pastikan untuk membersihkan bagian sela-sela antara terminal aki dan kabel. Setelah membersihkan, lap bagian aki dengan handuk kering hingga benar-benar bersih dan kering.

1.4. Membongkar Penutup Aki

Untuk aki yang memiliki penutup, buka penutup aki tersebut dengan hati-hati. Periksa apakah ada air aki yang berkurang atau merembes keluar dari aki. Jika ada, maka langkah selanjutnya adalah mengisi air aki atau cairan aki (Zuur) sesuai dengan petunjuk pabrik atau spesifikasi yang direkomendasikan.

2. Tips Merawat Aki Kering agar Tetap Awet dan Berumur Panjang

Tidak hanya memperbaiki aki soak, Sobat Raita juga perlu mengetahui bagaimana cara merawat aki kering agar tetap awet dan berumur panjang. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Sobat Raita terapkan:

2.1. Lindungi Aki dari Suhu Panas dan Dingin Ekstrem

Panas dan dingin ekstrem dapat mempengaruhi performa aki. Pastikan aki terpasang dengan rapat dan awasi kondisi aki saat suhu ekstrem terjadi.

2.2. Periksa Reguler Tingkat Air Aki

Tingkat air dalam aki sebaiknya selalu diperiksa secara rutin. Jika air aki habis, isilah dengan air suling hingga mencapai batas maksimal yang ditentukan. Jika tidak, aki dapat kehilangan kapasitasnya secara bertahap.

2.3. Matikan Aksesoris Mobil saat Mesin dalam Kondisi Mati

Menggunakan aksesoris mobil saat mesin mati dapat membebani aki. Pastikan semua aksesoris dimatikan saat Anda tidak menggunakannya, terutama saat mobil beristirahat dalam waktu yang lama.

Tes Tegangan Aki Mobil Menggunakan Multimeter

Selain melakukan perbaikan pada aki soak, Anda juga dapat menguji tegangan aki menggunakan multimeter. Berikut adalah rangkaian langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Persiapan dan Peralatan yang Diperlukan

Sebelum mengukur tegangan aki, pastikan Anda mempersiapkan peralatan berikut:

  • Multimeter yang sesuai dengan dugaan tegangan aki Anda.
  • Sepasang sarung tangan karet.

2. Menyiapkan Multimeter

Sesuaikan multimeter pada mode pengukuran tegangan DC (Direct Current).

3. Menghubungkan Multimeter ke Aki

Kenakan sarung tangan karet dan hubungkan probe merah multimeter ke terminal positif aki dan probe hitam ke terminal negatif aki.

Setelah multimeter terhubung dengan aki, baca tegangan yang ditampilkan di multimeter. Tegangan normal pada aki mobil sehat biasanya berkisar antara 12 hingga 13,5 volt. Jika tegangan aki berada di bawah kisaran tersebut, kemungkinan besar aki perlu diperbaiki atau diganti.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Q: Apa yang dimaksud dengan aki soak?

A: Aki soak adalah aki basah yang airnya telah berkurang atau merembes keluar dari aki.

Q: Bagaimana penyebab aki mobil menjadi soak?

A: Beberapa penyebab aki mobil menjadi soak antara lain jarangnya mobil digunakan, air aki habis dan dibiarkan, penggunaan aksesoris mobil secara berlebihan, dan penggunaan mobil dengan intensitas tinggi.

Q: Apa yang harus dilakukan jika aki mobil sudah soak?

A: Jika aki mobil sudah soak, Anda perlu melepas aki, membersihkannya dari kotoran dan korosi, membongkar penutup, dan mengisi air aki sesuai petunjuk pabrik atau spesifikasi yang direkomendasikan.

Q: Ada tidaknya cara untuk mencegah aki soak?

A: Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah aki soak adalah dengan mengendarai mobil secara teratur, memeriksa tingkat air aki secara rutin, dan tidak menggunakan aksesoris mobil secara berlebihan.

Q: Apakah aki basah yang sudah soak masih bisa diperbaiki?

A: Ya, aki basah yang sudah soak masih bisa diperbaiki dengan langkah-langkah yang tepat. Namun, jika aki sudah sangat lemah dan tidak lagi berkualitas, kemungkinan besar aki perlu diganti.

Q: Apakah ada alternatif lain untuk aki basah?

A: Ya, selain aki basah, terdapat juga aki kering yang tidak memerlukan pengisian air. Namun, aki kering umumnya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan aki basah.

Q: Apakah perlu mengganti aki mobil setelah mengatasi aki yang sudah soak?

A: Tergantung kondisi dan usia aki. Jika aki sudah sangat lemah dan tidak lagi mampu berfungsi dengan baik, maka sebaiknya aki diganti.

Q: Seberapa penting merawat aki mobil secara berkala?

A: Merawat aki mobil secara berkala sangat penting untuk menjaga kinerjanya agar tetap prima dan umur pakainya dapat lebih awet.

Q: Berapa lama umur pakai rata-rata aki mobil?

A: Umur pakai aki mobil bisa bervariasi tergantung merk dan kualitas. Secara umum, aki mobil berkualitas baik dapat bertahan hingga 3-5 tahun.

Q: Bagaimana cara mengetahui aki mobil sudah waktunya diganti?

A: Beberapa tanda bahwa aki mobil sudah waktunya diganti antara lain sulitnya mobil menyala saat dihidupkan, cahaya lampu kepala yang redup, dan sulitnya aki menampung daya listrik.

Q: Di mana dapat memperbaiki aki yang telah soak atau membeli aki baru?

A: Anda dapat pergi ke bengkel mobil terpercaya atau toko suku cadang mobil yang menjual aki untuk memperbaiki aki yang telah soak atau membeli aki baru yang berkualitas.

Kesimpulan

Sobat Raita, mengatasi masalah aki soak dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat. Dalam artikel ini, telah kita bahas cara perbaiki aki soak yang lemah atau basah, serta tips merawat aki kering agar tetap awet dan berumur panjang. Selain itu, Sobat Raita juga dapat menguji tegangan aki menggunakan multimeter. Jangan lupa untuk mengecek kembali aki mobil secara berkala dan melakukan perawatan rutin agar mobil Sobat selalu dalam kondisi prima. Untuk informasi lebih lanjut seputar perawatan mobil, jangan ragu untuk membaca artikel-artikel lainnya di situs kami. Selamat mempelajari dan semoga artikel ini bermanfaat!

Also Read

Tags