Explorasi Eksotis ke Macanan Situbondo, Surga Tersembunyi di Jawa Timur

Pak Budi

Sejarah Can Macanan Situbondo


Sejarah Can Macanan Situbondo

Can Macanan Situbondo adalah sebuah situs arkeologis yang terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, dan telah menyimpan sejarah yang panjang sejak zaman purbakala. Pada masa lalu, situs ini menjadi pusat perdagangan dan kerajaan Hindu-Buddha.

Berbagai peninggalan sejarah dapat ditemukan di situs ini, mulai dari batu prasasti, patung, nisan, dan berbagai arca yang menggambarkan kebudayaan Hindu-Buddha yang pernah berlangsung di Jawa Timur. Selain itu, terdapat pula bekas-bekas tembok dan bangunan kuno yang menjadi bukti adanya peradaban yang tinggi pada masa lalu.

Can Macanan Situbondo juga memiliki legenda yang menarik. Legenda tersebut berkisah tentang sepasang kekasih yang saling mencintai namun terpisahkan oleh peraturan yang mengharuskan mereka menikah dengan pasangan yang telah dipilih oleh keluarga. Berduka, mereka akhirnya memilih bunuh diri dan dikuburkan bertetangga. Konon, tumpukan batu besar (Can Macanan) di situs tersebut merupakan makam dari kisah sedih cinta tersebut.

Asal Usul Nama Can Macanan Situbondo

Dalam bahasa Jawa, “Can” berarti batu atau bebatuan, sedangkan “Macanan” berarti besar atau besar sekali. Nama Can Macanan Situbondo kemungkinan besar berasal dari penamaan tumpukan batu besar yang menjulang tinggi dan membentuk sebuah kumpulan batu yang indah dan mempesona. Selain itu, beberapa versi lain mengatakan bahwa Can Macanan juga berasal dari kata “Can” yang berhubungan dengan Mitologi Hindu yang artinya “ajian” atau semacam mantra atau mantra magis yang dapat digunakan sebagai sarana penolak bala, pemanggil hujan, ataupun unsur mistik lainnya. Sedangkan “Macanan” merujuk pada kekuatan, daya, atau kemampuan tertentu yang dihubungkan dengan kepercayaan Hindu.

Keunikan Can Macanan Situbondo


Can Macanan Situbondo

Can Macanan Situbondo merupakan situs arkeologis yang memiliki keunikan-keunikan yang menarik bagi pengunjung. Terletak di Desa Jatirejo, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Can Macanan Situbondo menyimpan sejarah zaman prasejarah dan masa lalu Indonesia yang tak ternilai harganya.

Penemuan Artefak Bersejarah

Di Can Macanan Situbondo, terdapat penemuan artefak bersejarah yang menjadi bukti sejarah Indonesia pada masa lalu. Salah satu peninggalan zaman prasejarah berupa batu-batu peninggalan zaman megalitikum yang ditemukan di daerah ini. Batu-batu raksasa yang menjadi peninggalan sejarah ini dapat ditemui di Lembah Suci, yang terdiri dari tiga batu besar dan beberapa batu kecil yang ditemukan pada tahun 1935.

Selain itu, terdapat juga peninggalan zaman Hindu-Buddha seperti arca-arca dan prasasti yang terbuat dari batu andesit. Peninggalan zaman Hindu-Buddhia tersebar disekitar Desa Jatirejo dan di sekitar Gunung Ringgit. Reli tematik dan prasasti juga menjadi peninggalan penting dari zaman Hindu-Buddha di Kota Situbondo dan dapat dilihat di Museum Situs Situbondo.

Uniknya, di Can Macanan Situbondo terdapat pula penemuan timbunan batu-batu besar yang disusun dalam bentuk bangunan yang disebut dengan Istana Batu. Bangunan yang dianggap sebagai peninggalan Kerajaan Majapahit ini berada di tengah hutan dan dianggap sebagai tempat pertapaan pada zaman dahulu.

Secara keseluruhan, Can Macanan Situbondo mempunyai banyak peninggalan sejarah yang cukup menarik bagi pengunjung. Selain itu, situs ini juga menyimpan banyak misteri dan menjadi aset berharga yang perlu dilestarikan oleh masyarakat Indonesia.

Lokasi dan Akses ke Can Macanan Situbondo


Can Macanan Situbondo

Can Macanan Situbondo merupakan sebuah destinasi wisata alam yang terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Lokasinya yang berada di balik bukit membuat pengunjung dapat menikmati panorama alam yang menawan dengan hamparan sawah yang luas serta dihiasi perbukitan yang hijau dan perkebunan buah-buahan di sekitarnya. Bagi para pecinta hiking, Can Macanan Situbondo juga menyediakan rute pendakian menuju puncak bukit yang menawarkan pemandangan yang spektakuler.

Pengunjung yang ingin berkunjung ke Can Macanan Situbondo dapat memilih akses melalui kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat mengambil jalur menuju Jalan Raya Situbondo-Banyuwangi dan berbelok ke arah Desa Jatisari. Kemudian, pengunjung akan melewati jalan yang memiliki kondisi aspal yang cukup bagus dan dapat dilalui kendaraan roda empat.

Bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi, dapat menggunakan transportasi umum dengan memilih moda transportasi berupa bus atau travel yang melayani rute dari Kota Surabaya maupun Kota Malang ke Situbondo. Setelah tiba di terminal Situbondo, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan ojek atau taksi hingga mencapai lokasi Can Macanan Situbondo.

Rute Menuju Can Macanan Situbondo

Untuk mencapai destinasi wisata alam Can Macanan Situbondo, terdapat beberapa rute yang dapat ditempuh. Pengunjung dapat menggunakan rute melalui Kota Surabaya atau Kota Malang agar dapat sampai di Situbondo. Jika menggunakan rute melalui Kota Surabaya, pengunjung dapat mengambil jalur Jalan Tol Surabaya-Gempol dan keluar di Gerbang Tol Pasirian. Kemudian, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menuju Situbondo melalui jalur utama hingga mencapai Desa Jatisari.

Sedangkan jika menggunakan rute melalui Kota Malang, pengunjung dapat mengambil jalur Jalan Raya Malang-Banyuwangi dan berbelok ke arah Desa Jatisari. Kedua rute tersebut dapat dipilih oleh pengunjung sesuai dengan asal muasal keberangkatan.

Sekedar tips bagi para pengunjung, sebaiknya melakukan perjalanan pagi hari jika ingin menikmati perjalanan dengan pemandangan alam yang indah. Selain itu, sebaiknya membawa perlengkapan yang diperlukan seperti tenda, sleeping bag, dan perbekalan makanan dan minuman yang cukup agar dapat menghabiskan waktu berlibur di Can Macanan Situbondo secara optimal.

Fasilitas di Can Macanan Situbondo

Can Macanan Situbondo

Can Macanan Situbondo merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Selain keindahan alamnya yang memesona, Can Macanan juga menyediakan beragam fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang datang.

Fasilitas Penunjang Kunjungan

Fasilitas yang tersedia di Can Macanan Situbondo antara lain toilet, tempat parkir, dan warung makan. Toilet yang tersedia di kawasan wisata ini juga sudah cukup bersih dan terawat dengan baik.

Tempat parkir yang tersedia di Can Macanan juga luas dan aman. Pengunjung tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir saat liburan di sana. Selain itu, harga parkir yang ditawarkan juga terjangkau.

Untuk wisatawan yang ingin menikmati kuliner khas Situbondo, Can Macanan juga menyediakan beberapa warung makan di sekitar area parkir. Pengunjung bisa mencicipi makanan lezat seperti nasi asli Situbondo, pecel, dan lainnya. Harga makanan di warung-warung tersebut juga terjangkau.

Fasilitas Hiburan

Selain fasilitas penunjang kunjungan, Can Macanan juga menyediahkan fasilitas hiburan untuk wisatawan. Ada arena outbound bermain yang akan membuat liburan Anda lebih seru dan menyenangkan. Selain itu, ada pula pemandian air panas yang dapat digunakan untuk menyegarkan tubuh setelah lelah beraktivitas. Fasilitas yang ada di Can Macanan terbilang lengkap untuk mengisi waktu liburan Anda.

Dalam berkunjung ke Can Macanan Situbondo, pastikan Anda mematuhi segala aturan dan berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan kerapian kawasaan wisata tersebut. Selamat menikmati liburan Anda di Can Macanan Situbondo!

Tips Berkunjung ke Can Macanan Situbondo


Can Macanan Situbondo

Can Macanan Situbondo adalah destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan alam yang memikat hati. Sebelum berkunjung, para pengunjung perlu memperhatikan beberapa tips berikut.

Membawa Perlengkapan yang Dibutuhkan

Pengunjung sebaiknya membawa perlengkapan yang diperlukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa barang yang perlu dibawa adalah air minum, topi, dan sepatu yang nyaman untuk berjalan kaki. Sepatu gunung atau sepatu yang anti licin sangat disarankan karena jalur ke Can Macanan Situbondo cukup menantang dan berbatu. Selain itu, benda-benda seperti pelembab, kaca mata hitam, dan sunblock juga dapat membantu para pengunjung merasa nyaman saat berada di sana.

Berangkat saat cuaca cerah

Cuaca sangat berpengaruh saat berkunjung ke Can Macanan Situbondo, terutama saat musim hujan. Jalur ke Can Macanan Situbondo cukup rawan longsor dan rawan banjir jika cuaca tidak mendukung. Oleh karena itu, sebaiknya para pengunjung memilih hari untuk berkunjung saat cuaca sedang cerah. Dengan begitu, perjalanan akan jauh lebih aman dan nyaman.

Menghargai Alam

Can Macanan Situbondo adalah tempat yang indah karena kealamian yang masih terjaga dengan baik. Untuk mempertahankan keindahan alam tersebut, para pengunjung diharapkan dapat menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan seperti membuang sampah sembarangan atau memetik tanaman. Selain itu, pengunjung juga harus mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola.

Menebus Tiket di Tempat yang Tepat

Para pengunjung sebaiknya membeli tiket ke Can Macanan Situbondo di loket yang resmi. Dalam hal ini, pengunjung akan mendapatkan pelayanan yang baik dan juga terhindar dari penipuan. Selain itu, pembelian tiket di loket resmi juga membantu mengembangkan potensi wisata di tempat tersebut.

Mengikuti Aturan yang Berlaku

Setiap tempat wisata pasti memiliki aturan yang berlaku. Sama halnya dengan Can Macanan Situbondo, para pengunjung diharapkan untuk mematuhi aturan yang berlaku seperti tidak merokok di kawasan wisata atau tidak membawa hewan peliharaan. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan seluruh pengunjung.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, para pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang memikat hati di Can Macanan Situbondo dengan nyaman, aman, dan teratur.

Biaya Masuk ke Can Macanan Situbondo


Can Macanan Situbondo

Can Macanan Situbondo merupakan sebuah situs arkeologi yang terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Untuk dapat memasuki situs ini, pengunjung diwajibkan membayar biaya masuk.

Biaya masuk ke Can Macanan Situbondo tergolong cukup terjangkau. Harga tiket masuk untuk warga lokal hanya sebesar Rp 5.000,- per orang, sedangkan bagi wisatawan asing diwajibkan membayar Rp 20.000,- per orang.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk menjadi faktor penting bagi wisatawan dalam mengunjungi Can Macanan Situbondo. Setiap pengunjung yang ingin memasuki situs ini diwajibkan membayar biaya masuk yang telah ditetapkan oleh pengelola.

Untuk warga lokal, harga tiket masuk ke Can Macanan Situbondo tergolong cukup murah, yaitu hanya Rp 5.000,- per orang. Sedangkan bagi wisatawan asing, diwajibkan membayar Rp 20.000,- per orang.

Biaya masuk ini digunakan untuk membiayai perawatan dan pengembangan situs arkeologi Can Macanan Situbondo. Sehingga, adanya biaya masuk merupakan langkah yang tepat sebagai upaya untuk menjaga keberlangsungan situs arkeologi ini.

Dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau, Can Macanan Situbondo diharapkan dapat menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun asing untuk mempelajari sejarah dan budaya Jawa Timur.

Jam Buka dan Tutup Can Macanan Situbondo


Can Macanan Situbondo

Can Macanan Situbondo merupakan tempat wisata yang populer di Situbondo, Jawa Timur. Sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi, Can Macanan Situbondo memiliki jam buka dan tutup yang harus diperhatikan oleh para pengunjung sebelum melakukan kunjungan.

Jam Buka dan Tutup

Jam buka Can Macanan Situbondo dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore setiap harinya, kecuali pada hari libur nasional. Pengunjung bisa datang langsung ke tempat wisata ini tanpa harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Namun, pada saat libur nasional atau hari raya besar seperti Idul Fitri, jam buka dan tutup Can Macanan Situbondo bisa berubah. Oleh karena itu, sebaiknya para pengunjung melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum datang ke Can Macanan Situbondo.

Cara Mudah Mencapai Lokasi Can Macanan Situbondo

Lokasi Can Macanan Situbondo berada di desa Menang, Kecamatan Sumbermalang. Untuk mencapai lokasi maka dari arah Situbondo, pengunjung bisa menuju arah ke utara dan mengikuti jalan arteri Jawa Timur. Sebelum sampai pada Situbondo, pengunjung harus membelok ke arah kanan dan mengikuti jalan raya Situbondo-Bondowoso. Setelah itu, belok kiri di pertigaan Sumbermalang-Panji dan terus mengikuti jalan hingga tiba di Desa Menang. Can Macanan Situbondo dapat ditemukan dengan mudah karena sudah terdapat rambu-rambu petunjuk arah menuju lokasi.

Fasilitas yang Tersedia di Can Macanan Situbondo

Can Macanan Situbondo menawarkan berbagai fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan para pengunjung. Tersedia toilet, tempat parkir, hingga warung makan yang menyajikan berbagai macam makanan dan minuman. Selain itu, Can Macanan Situbondo juga menyediakan penginapan bagi para pengunjung yang ingin menginap dan menikmati suasana romantis dengan pemandangan yang indah.

Tiket Masuk Can Macanan Situbondo

Untuk bisa menikmati keindahan Can Macanan Situbondo, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000 per orang. Dengan tarif yang terjangkau, pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang asri dan udara yang segar di Can Macanan Situbondo.

Keistimewaan Can Macanan Situbondo

Can Macanan Situbondo merupakan tempat wisata yang cukup unik dan memberikan pengalaman yang berbeda dari tempat wisata lain. Keistimewaan Can Macanan Situbondo terletak pada keindahan dan kesejukan alamnya yang sangat menenangkan. Selain itu, Can Macanan Situbondo juga terkenal dengan keindahan jembatan gantungnya yang menjulang tinggi di atas aliran sungai.

Rekomendasi yang Harus Dilakukan Saat Berkunjung ke Can Macanan Situbondo

Agar bisa menikmati Can Macanan Situbondo dengan maksimal, para pengunjung sebaiknya membawa peralatan yang memadai seperti kamera, alas kaki yang nyaman dan pakaian yang sesuai dengan cuaca. Selain itu, para pengunjung juga sebaiknya datang saat pagi hari untuk menikmati keindahan panorama alam yang disajikan Can Macanan Situbondo.

Perlindungan Terhadap Can Macanan Situbondo

Can Macanan Situbondo

Can Macanan Situbondo adalah situs arkeologi yang terletak di desa Bakungan, kecamatan Situbondo, Jawa Timur. Situs ini terkenal dengan peninggalan megalitik yang ada di sana. Namun, selain keindahan dan sejarah yang dimilikinya, Can Macanan Situbondo juga sangat rentan terhadap berbagai bentuk kerusakan dan bahaya.

Pengawasan dan Perlindungan oleh Pemerintah dan Pihak Terkait

Untuk menjaga dan melindungi Can Macanan Situbondo, pemerintah dan pihak terkait telah melakukan beberapa tindakan. Salah satunya adalah memasang pagar dan kamera pengawas. Pagar dipasang untuk membatasi area situs agar tidak diakses oleh siapa saja tanpa seizin pihak berwenang. Sedangkan, kamera pengawas dipasang untuk memantau aktivitas pengunjung. Dengan adanya kamera pengawas, pihak berwenang dapat dengan mudah mengidentifikasi pelanggaran dan tindakan yang merusak pada situs.

Pendidikan untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

Selain memasang pagar dan kamera pengawas, pemerintah dan pihak terkait juga mengadakan program pendidikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga dan melindungi Can Macanan Situbondo. Program pendidikan ini dibagikan melalui media sosial dan acara-acara lokal di Situbondo.

Percobaan Pencurian pada Tahun 2020

Pada tahun 2020, Can Macanan Situbondo hampir mengalami kerusakan parah akibat pencurian. Beberapa potongan batu yang berharga dan merupakan peninggalan sejarah situs tersebut hampir saja hilang dicuri. Namun, berkat kecepatan pihak berwenang dalam menangani kasus ini, potongan batu yang dicuri dapat dikembalikan tanpa pengurangan sedikitpun, sehingga Can Macanan Situbondo selamat dari kerusakan lebih lanjut.

Sanksi bagi Pelanggar Perlindungan Situs

Untuk menghindari kerusakan yang lebih lanjut pada Can Macanan Situbondo, pemerintah dan pihak terkait sudah menyiapkan sanksi bagi pelanggar perlindungan situs. Sanksi ini dapat berupa denda atau kurungan penjara. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dapat menghargai dan menjaga situs sejarah yang ada di Indonesia.

Pengembangan Sumber Daya Manusia

Tidak hanya fokus pada perlindungan situs, namun pemerintah dan pihak terkait juga memperhatikan sumber daya manusia. Mereka meningkatkan kualitas dan kuantitas pengelola situs dengan menyediakan pelatihan dan workshop tentang pengelolaan dan pelestarian situs arkeologi. Diharapkan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, situs yang menjadi objek wisata sekaligus peninggalan sejarah seperti Can Macanan Situbondo dapat dijaga dengan baik dan tetap lestari dalam jangka waktu yang lama.

Peran Masyarakat untuk Menjaga Can Macanan Situbondo

Perlindungan dan pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah dan pihak terkait tidak akan efektif tanpa bantuan dari masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat memiliki peran penting dalam menjaga Can Macanan Situbondo. Dengan tidak merusak ataupun membawa pulang peninggalan sejarah yang ada di situs tersebut, masyarakat telah membantu melestarikan sejarah Indonesia.

Perluasan Area Perlindungan Situs

Pada tahun 2020, pemerintah berencana untuk memperluas area perlindungan situs Can Macanan Situbondo. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi akses dan kerusakan pada situs. Pengembangan area perlindungan akan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat sekitar.

Penambahan Petugas Keamanan

Terakhir, pemerintah dan pihak terkait juga menambah jumlah petugas keamanan pada situs Can Macanan Situbondo. Adanya petugas keamanan diharapkan dapat memantau dengan lebih intensif dan mengurangi jumlah pelanggar yang masuk ke area situs.

Also Read

Tags