Keunikan Batik Kerang Situbondo yang Menyimpan Sejarah Budaya

Pak Budi

Ads - After Post Image

Sejarah dan Asal Usul Batik Kerang Situbondo

Batik Kerang Situbondo

Batik kerang Situbondo adalah salah satu jenis batik yang berasal dari Situbondo, Jawa Timur. Batik kerang Situbondo memiliki sejarah yang panjang dan memiliki keunikan pada corak batiknya yang didominasi oleh motif-motif kerang laut. Batik kerang Situbondo memiliki nilai sejarah, kebudayaan, dan ekonomi yang tinggi serta menjadi identitas khas daerah Situbondo.

Menurut sejarah, batik kerang Situbondo telah dikenal sejak zaman kerajaan Singasari pada abad ke-14. Ketika itu, batik kerang Situbondo merupakan simbol kebanggaan bangsawan dan hanya digunakan pada saat upacara adat atau ritual keagamaan. Pada masa berikutnya, batik kerang Situbondo semakin populer dan digunakan oleh rakyat biasa sebagai busana sehari-hari.

Pada masa kolonial Belanda, batik kerang Situbondo mengalami perkembangan pesat. Hal ini terjadi karena adanya permintaan tinggi dari pasar internasional. Batik kerang Situbondo menjadi ladang bisnis yang menguntungkan bagi pengrajin batik di Situbondo. Para pengusaha batik kerang Situbondo melakukan inovasi dan kreativitas dalam corak batik sehingga mampu bersaing dengan batik-batik dari daerah lain.

Saat ini, batik kerang Situbondo semakin dikenal di kalangan masyarakat luas sebagai salah satu warisan budaya bangsa yang patut dilestarikan. Dalam upaya melestarikan batik kerang Situbondo, pemerintah dan masyarakat Situbondo terus melakukan promosi dan sosialisasi melalui berbagai event dan festival yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Bagikan:

Ads - After Post Image

Tags